Travel umroh murah di Jakarta dan informasi biaya paket umroh murah, akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Semarak umroh bisa menjadikan Las Vegas bak Makkah lho. Ga percaya??


Semarak umroh bulan Desember 2014
Masjidil Haram yang berada di Makkah. Kota yang hidup 24 jam sepanjang tahun dengan ibadah, syukur, dan zikir para Tamu Allah.


Info promo umroh: promo umroh Maret 2015 dan umroh April 2015... ada yang mau ikut?



Bulan Desember yang merupakan akhir setiap tahun Masehi (disebut juga Anno Domini atau AD, lihat versi bahasa Indonesia Anno Domini, disebut juga Masehi) sangat semarak dirayakan oleh manusia seluruh dunia terkait dengan adanya hari raya natal dan tahun baru umat Katolik dan Kristiani yang biasanya dirayakan dengan pesta malam tahun baru.


Kapan Tahun Baru Pertama Kali Dirayakan?


Tahun baru pertama kali dirayakan pada 1 Januari 45 Sebelum Masehi (Masehi berasal dari bahasa Arab dan ada dalam Al Qur'an saat disebut Nabi Isa -- Isa Al Masih). Tahun Sebelum Masehi disebut juga Before Christ atau BC, yakni hitungan waktu sebelum tahun 1 Masehi = 1 Anno Domini = 1 Tahun Tuhan, -sekarang sudah tahun 2014 Masehi/Anno Domino/Tahun Tuhan). Dalam mitologi Romawi, tahun baru dirayakan untuk memperingati kelahiran Dewa Ra (Dewa Matahari atau Son of God) yang juga dianggap Yesus Kristus sebagai sinkretasi kaisar Romawi agar mereka yang sebelumnya menyembah Dewa Matahari dan dewa-dewi lainnya, mau menyembah Tuhan Yesus. Selain itu perayaan tahun baru juga memiliki makna lain yang tidak kalah penting yakni memuja Dewa Janus (lihat versi bahasa Inggris mengenai Dewa Janus), salah satu tuhan/dewa yang disembah bangsa Romawi.



Ilustrasi BC dan AD

Ilustrasi Sebelum Masehi/SM atau Before Christ/BC dan Masehi/M atau Anno Domino/AD


Menurut ajaran Katolik dan Kristiani 1 Masehi adalah bertepatan dengan kelahiran Yesus Kristus. Dan tahun-tahun sebelumnya dinamakan dengan tahun-tahun Sebelum Kelahiran Yesus Kristus, atau Sebelum Masehi (SM), atau Sebelum Kelahiran Al Masih, atau Before Christ (BC).



Tahun-tahun sebelum Christ dan setelah Christ (tahun Tuhan)

Tahun-tahun sebelum Christ (BC) dan setelah Christ (AD / tahun Tuhan)



Semarak Umroh Umat Islam


Di bulan Desember yang merupakan awal dimulainya kembali umroh, setelah selesainya musim haji, maka bulan Desember dan Januari juga bagi muslim dan muslimah yang pergi ibadah umroh, menjadikan bulan Desember dan Januari ini tidak kalah semaraknya dengan yang dirayakan rekan-rekan Katolik dan Kristiani.

Mungkin kalau dengan merayakan natal dan tahun baru bagi mereka yang mengisinya dengan berpesta semalam suntuk, bergembira ria, menyalakan kembang api, meniup terompet, bakar-bakar ikan, dan segala aktifitas lainnya yang mensyiarkan dan membumikan ketuhanan Yesus dan memuji Dewa Janus adalah aktifitas yang bernilai ibadah, umat Islam pun bahkan menyemarakkan bulan Desember dan Januari dengan melakukan ibadah umroh ke tanah suci, langsung menjadi tamu-tamu Allah di Rumah-Nya.

Kita yakin bahwa apa-apa yang dilakukan oleh rekan-rekan Katolik dan Kristiani adalah sesuai dengan ajaran dan keyakinan mereka. Dan di ajaran Kristiani mereka sangat lebih permisif dibandingkan ajaran Islam. Misalnya dari sisi makanan, minuman, pakaian, seksualitas, ibadah-ibadah, sinkretisme dalam keagamaan Kristiani seperti natal, tahun baru, sinterklas, pohon cemara, pemisahan agama dari urusan dunia, dan lain-lain. Namun rekan-rekan Katolik masih menjalani nilai-nilai keyakinan mereka yang "ortodoks" seperti yang dilakukan para biarawan dan biarawati yang membaktikan kehidupan mereka di gereja. (Mengenai pemisahan agama dan urusan keduniawian dalam keyakinan Kristiani, bisa dilihat sumber-sumber terkait tentang asal-mula adanya Kristen Protestan dan abad renaissance .)

Jadi, apapun aktifitas yang dilakukan umat beragama untuk merayakan hari raya keagamaan mereka seperti perayaan natal dan tahun baru 2015 ini, harus disikapi sesuai dengan ajaran toleransi dalam Islam. Umat Islam tidak menggangu pelaksanaan ibadah perayaan natal Yesus Kristus dan tahun baru Dewa Janus.

Jika umat Islam merayakan awal tahun baru Hijriyah 1436 Hijriyah dengan berumroh ke Tanah Suci, hal itu sangat luar biasa karena dengan berumroh, kita medapatkan hikmah umroh seperti menjadi Tamu Allah, menjadi pribadi yang lebih baik di mata Allah, mensyiarkan Islam, muhasabah dan instrospeksi diri di Tanah Suci, bertaubat nasuha di Tanah Suci, kembali menghayati makna kesabaran dan kesetaraan, kesabaran dan disiplin, dan lain-lain. Subhanallah, seperti menjadi manusia yang baru! Untuk lengkapnya mengenai hikmah umroh, silahkan lihat tulisan Hikmah Umroh.


Mengisi Liburan dengan Umroh?


Salah satu sebab semaraknya umroh di bulan Desember hingga Januari adalah banyak hari libur dan cuti bersama sehingga penghuni dunia banyak yang memanfaatkan liburan tersebut dengan mengisinya dengan berbagai aktifitas.

Makna liburan adalah merehatkan diri dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari, untuk mengisi ulang kembali (recharge) atau menyetrum aki kehidupan kita. Semua orang menilai bahwa aktifitas liburan yang efektif adalah liburan yang bisa mengembalikan semangat hidup, baik dari sisi batin dan lahir. Karenanya banyak pilihan untuk mengisi libur panjang akhir tahun dan awal tahun ini.

Ada yang berwisata keliling dunia atau domestik, ada yang berpesta-pora semalam suntuk atau mencari hiburan malam untuk melupakan semua masalah dan beban hidup yang menghimpit, ada yang berkemah untuk melihat alam luas, lautan atau pegunungan yang hijau, ada yang mendaki gunung untuk mengecas otot-otot dan kebugaran, dan ada yang di rumah saja melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kesegaran batin dan lahir. Selama liburan itu bernilai rehat dan refresh yang tinggi, maka liburan itu efektif.

Dari ukuran nilai liburan di atas, bisa diambil kesimpulan kriteria-kriteria yang harus diperhatikan agar liburan menjadi bernilai. Yakni semua aktifitas yang bisa mengembalikan semangat, motivasi, dan energi tinggi untuk kembali memulai aktifitas dan rutinitas harian, jiwa yang kuat, emosi dan rasa yang stabil dan baik, karsa, pikiran, dan logika yang baik dan lurus, dan fisik yang sehat. Inilah yang harus didapat saat mengisi liburan kapanpun dan di manapun.


Aktifitas liburan terbaik adalah yang bisa membuat semakin bersih, jernih, kaya, refresh, kembalinya motivasi dan energi tinggi:

  1. Ruh
  2. Jiwa
  3. Emosi
  4. Daya pikir
  5. Fisik

(Lihat juga: Pilihan-pilihan terbaik mengisi liburan akhir tahun.)

Adakah aktifitas liburan yang lebih baik atau minimal setara dengan haji dan umroh bagi umat manusia saat ini?

Kita semua yakin jawabnya: tidak ada.

Fakta: 
Makkah dan Las Vegas adalah dua teratas kota yang hidup selama 24 jam sepanjang tahun (sebelum adanya Las Vegas, New York diklaim menjadi kota terhidup bagi dunia barat). Umat Islam bangga dengan Makkah yang menjadi tempat suci untuk beribadah, pelaksanaan haji dan umroh seluruh umat Islam di dunia, dan juga adanya Kabah sebagai kiblat ibadah shalat seluruh umat Islam. Mungkin begitu juga dengan dunia Barat yang bangga dengan Las Vegas dengan segala kemoderenan dan dunia malam yang bebas. Tapi Insya Allah jika Allah mau, Las Vegas nanti bisa berubah menjadi seperti Makkah. 

>> Informasi lengkap umroh bisa dilihat di paket umroh 2015.



Ucapan Syukur dan Doa Untuk Jamaah Umroh


Dalam kesempatan ini kami menyambut rombongan umroh yang telah menyemarakkan awal tahun baru 1436 Hijriyah dan akhir tahun baru 2014 dengan mengisi liburan dengan aktifitas yang terbaik bagi manusia di bumi ini: melakukan ibadah umroh. Yaitu para jamaah umroh yang telah kembali ke tanah air yakni rombongan umroh tanggal 5 dan 18 Desember 2014. Semoga umroh Bapak dan Ibu mabruuk dan mendapatkan semua hikmah umroh yang luar biasa.

Juga bagi jamaah umroh yang akan menyemarakkan dan mensyiarkan umroh yang telah berangkat tanggal 26 dan 28 Desember 2014 semoga dilancarkan umrohnya dengan dikaruniai kesabaran, keikhlasan, dan kecerdikan (jurus SAIKI) dalam mengatasi semua hal yang terjadi sebelum umroh, saat umroh, dan setelah umroh dan kembali ke tanah air nanti. Juga mendapat semua hikmah umroh dan mabruuk.

Untuk jamaah yang sedang bersiap-siap berangkat, semoga berangkat dengan lancar sesuai jadwal keberangkatan dan dilancarkan semua urusannya.

Untuk informasi lengkapnya setiap keberangkatan, akan kami rangkum dalam tulisan tersendiri. Semoga bisa menjadi kenangan indah bagi kita semua.

Semoga semua urusan kita dunia akhirat diridhoi dan dilancarkan Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin.


Al Fetih 1453 M
Al Fetih 1453 M


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top