Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Sekilas Tentang Yaman

Umroh Murah Lihat di Paket Umroh 2015


Yemen (Yaman)

Peta Wilayah Yemen (Yaman)



Letak Geografi

Yaman termasuk ke dalam wilayah semenanjung Arab. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi, Laut Merah, dan Laut Arab yang bersambung dengan Teluk Aden dan Oman. Yaman memiliki 200 pulau dan Socrota adalah pulau terbesarnya. Yaman merupakan satu-satunya negara berbentuk republik di semenanjung Arab.

Negara ini terdiri atas 4 wilayah utama yaitu Timur dan Barat yang merupakan wilayah perbukitan, Padang Pasir Rub al Khali dan wilayah pantai. Yaman bercuaca panas saat tengah hari dan sejuk pada sore hari. Curah hujan  cukup tinggi terdapat di wilayah Semenanjung Arab yaitu bagian barat perbukitan, selain wilayah tersebut, daerah lain seperti padang Pasir al Khali dan wilayah pantai sangat jarang turun hujan.





The Old City (Kota Lama)


Ibu kota Yaman disebut Sana’a yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai warisan dunia. Disebut juga sebagai “The Old City” ( Kota Lama ) yang menjadi bukti peradaban sejarah masa lampau ribuan tahun yang lalu. Bandara Udara Sana'a (SAH) dan Seiyun/Sayun (GTX) juga terdapat di kota ini.


The Old City Kota atau Tua atau Sana'ah, Yaman

The Old City Kota atau Tua atau Sana'ah, Yaman



Babliman dan Kabah Gorgot


Bukti sejarah dapat dilihat di Babliman atau gerbang masuk Kota Lama yang terletak di jantung ibu kota Yaman, Sana’a. Babliman dibangun sekitar 2.500 tahun yang lampau dengan asitektur bergaya khas Yaman yang sederhana.  Selain pintu gerbangnya, Kota Lama juga memiliki Kabah Gorgot Al Ghalis (atau Ghargat Al Qulays atau Ethiopian Basilica atau The Great Church of Sana'a atau Katedral Agung Sana'a) yang dibangun oleh Raja Abrahah. Menurut sejarah, Kabah Abrahah tersebut dibangun untuk menandingi Kabah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim. (Ingat kisah Abrahah dengan menunggang gajah dan pasukannya yang akan menyerang Kabah di Makkah namun dihancurkan oleh pasukan burung Ababil sebelum tiba di Makkah, seperti yang dikisahkan di QS. Al Fiil-105?)

Oleh Raja Habasyah Al Najasyi, Abrahah dilantik menjadi Gubernur Yaman setelah menaklukan Kerajaan Saba. Mengapa lalu Abrahah ingin menghancurkan Kabah?

Karena penduduk Yaman adalah orang Arab yang beragama Hanafiah (sebutan agama Islam yang dibawa Nabi Ibrahim), maka banyak penduduk Yaman beribadah dengan berkunjung ke Kabah di Makkah. Hal ini tidak menyenangkan Abrahah yang beragama Nasrani sehingga dibuatlah "kabah tandingan" tersebut dan memaksa penduduk Yaman tidak lagi beribadah ke Kabah.


Perpusatakaan Islam Jaman Kuno dan Jam Matahari


Selain itu, di Kota Lama juga terdapat sebuah masjid tua yang dilengkapi dengan perpustakaan Islam jaman kuno, perpustakaan itu disebut sebagai Jami Al Kabi dan berada di tengah masjid.

Istimewanya, di masjid tersebut juga terdapat jam matahari untuk menunjukkan tibanya waktu sholat bagi umat Islam di Kota Lama tersebut.


Wisata Yaman


Karena Yaman merupakan Negara kepulauan, maka untuk mengunjungi beberapa pulau tertentu dengan waktu tempuh yang lebih cepat maka harus menggunakan jalan udara. Beberapa Bandar udara di Yaman selain Bandar Udara Internasional Sana'a dan Seiyun di kota Sana’a antara lain Bandar Udara Riyan Mukalla ( 153 km dari bandara Seiyun ), Bandar Udara Sharurah ( 253 km dari bandara Seiyun ), Bandara Udara Ataq ( 278 km dari bandara Seiyun ), Bandara Udara Al Ghaydah ( 346 km dari bandara Seiyun ). Selain itu beberapa obyek menarik di sekitar Kota Sana’a dapat dikunjungi dengan kendaraan darat seperti bus ber AC atau menyewa mobil.

Karena keindahan wilayahnya maka wisata yang kerap ditawarkan di Yaman adalah kegiatan mendaki atau berkemah. Wisatawan dapat menikmati suasana kota serta tumbuhan dan hewan yang ada di wilayah Negara ini.


Hadramaut (Eng: Hedramaut, Ibrani: Havermavt)


Tempat yang bisa kita kunjungi adalah Hadhramaut, merupakan lembah yang cukup subur di Yaman. Berada di timur kota Aden. Dikenal pula sebagai tempat asal Nabi Hud dan Nabi Saleh. Anehnya, meskipun jarang hujan dan panas sepanjang tahun, daerah Hadramaut ini subur dan tidak kekurangan air.

Shibam, Wadi Hadramaut, Yaman

Shibam, Wadi Hadramaut, Yaman. Dikenal oleh turis mancanegara sebagai "The Manhattan of The Desert" karena pernah menjadi bangunan tertinggi dan tercanggih di daerah gurun pasir di jamannya.


Sebagai tanah kelahiran dan tempat tinggal Nabi Hud AS dan Nabi Saleh, di Hadramaut ada tempat suci bernama Qabr Hud (Makam Hud). Di dekat Makam Nabi Hud itu ada masjid yang ramai dikunjungi para peziarah. Penduduk di sana meyakini bahwa Nabi Hud adalah kakek moyang mereka. Selain itu juga ada makam Nabi Saleh di lembah Sarr.

Ada sekurangnya empat golongan masyarakat di Hadramaut yaitu golongan sayyid (dianggap keturunan Nabi Muhammad), golongan suku-suku, golongan menengah, dan golongan budak. Golongan sayyid bergelar Habib dan kaum perempuannya bergelar Habibah. Di Hadramaut golongan sayyid adalah golongan terbesar, membentuk kebangsawanan yang sangat dihormati, dan sangat berpengaruh secara moral di kalangan penduduk Hadramaut dan sebagian Yaman.

Para Habib ini juga menyebarkan ilmu agamanya hingga ke luar Yaman hingga ke Indonesia.


Marib


Selain itu, terdapat tempat bernama Marib, yaitu sebuah area yang memiliki keterkaitan budaya dengan peradaban Yemenite Kuno yang dapat dilihat dari ciri khas arsitektur bangunan-bangunannya. Menjelajahi wilayah pedesaan dan daerah pantai dengan menunggang unta bisa menjadi kegiatan wisata yang menarik bagi para pengunjung di Yaman.

Begitu menarik negara Yaman dan semoga kita semua bisa berziarah dan city tour ke Yaman. Aamiin...


Pesawat Yemenia Airways sedang transit di Sana'a Int'l Airport

Pesawat Yemenia Airways sedang transit di Sana'a Int'l Airport 


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Back To Top