Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Niat Umroh dan Dampak Kenaikan BBM di Tanah Air


Niat Umroh dan Dampak Kenaikan BBM di Tanah Air


Kenaikan BBM dan Dampaknya


Kenaikan harga BBM baru saja diumumkan oleh pemerintahan yang baru saja terbentuk. Presiden Jokowi telah mengumumkan kenaikan tersebut pada hari Senin malam sekitar pukul 21.00. Besaran kenaikan telah ditetapkan, harga solar yang semula adalah 5.500 rupiah menjadi 7.500 rupiah, sedangkan harga premium dari 6.500 rupiah per liter menjadi 8.500 rupiah. Masing-masing naik sebesar 2000 rupiah.

Dampak dari kenaikan BBM ini telah dirasakan oleh seluruh masayarakat bahkan sebelum diumumkan secara resmi besarannya. Harga-harga yang merambat naik dan pasokan barang yang minim adalah salah satu contohnya. Hingga pada hari ditetapkan dan diumumkan besarannya, nampaknya masayarakat mulai ambil ancang-ancang agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.


Solusi #1: Penghematan Biaya Harian


Beberapa cara dilakukan untuk melakukan penghematan yang nampaknya sulit dilakukan karena memang harga telah melonjak, terutama harga kebutuhan pokok sembako. Yang harus dipikirkan pula adalah kenaikan harga BBM juga akan memicu kenaikan tarif kendaraan termasuk tiket pesawat terbang.

Selain melakukan penghematan dan menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan juga menelaah lagi pos-pos pengeluaran, mana yang bisa dikurangi atau di hemat.

Karena TDL atau tarif dasar listrik juga telah naik sehingga menyebabkan pos pengeluaran untuk membayar listrik juga membengkak, banyak orang yang kemudian melakukan penghematan dalam pemakaian listrik. AC atau pendingin ruangan di setel dengan suhu yang tidak perlu terlalu dingin, cukup sejuk antara 20 – 25 derajat, televisi atau komputer yang tidak lagi digunakan juga dimatikan. Mematikan lampu kamar mandi setelah digunakan dan malam hari ketika akan tidur hanya lampu-lampu yang perlu saja yang menyala yakni teras dan ruang depan.

Karena tarif angkutan juga naik dan harga BBM juga naik ( diperkirakan akan naik sebesar 10% hingga 25 % ) maka sedapat mungkin untuk bepergian yang tidak terlalu jauh bisa memakai sepeda. Bila memiliki mobil, sebisa mungkin dapat pergi bersama-sama, misalnya setelah mengantar ibu ke pasar dan anak ke sekolah lalu pergi ke kantor.

Memang cukup merepotkan namun dengan langkah ini penghematan terhadap pengeluaran biaya BBM yang membengkak dapat ditekan.


Solusi #2 Mencari Penghasilan Tambahan


Selain melakukan penghematan terhadap seluruh pos-pos pengeluaran, hal lain yang dapat dilakukan adalah mencari penghasilan tambahan. Mulai melirik hobi yang dapat menghasilkan uang. Yang hobi menulis bisa mencari pendapatan tambahan dengan menjadi penulis lepas di beberapa media seperti kaskus dan sebagainya. Yang hobi bertanam mungkin bisa sedikit diubah dengan menanam sesuatu yang lebih menghasilkan dan dapat dijual seperti bertanam cabe, tomat dan sayuran. Atau dapat berjualan barang secara online, bahkan garasi di rumah bisa diubah menjadi toko sementara.


Niatan Umroh Terkait Kenaikan BBM


Kekhawatiran akan melambungnya biaya umroh dan haji akibat menaiknya harga BBM cukup menghantui para calon jamaah. Seorang calon jamaah pernah berkata bahwa cobaan atau halangan berniat umroh tahun ini adalah kenaikan harga BBM yang akan menyebabkan kenaikan harga tiket pesawat yang termasuk dalam komponen biaya umroh dan haji. Namun sebenarnya hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena Dena Tour telah menyiapkan paket umroh Januari 2015, umroh Februari 2015, umroh Maret 2015, umroh April 2015, dst. (Daftar umroh lengkap bisa dilihat di paket umroh 2015.)

Dengan harga mulai dari 2000 USD, para calon jamaah telah dapat merencanakan kunjungan ibadah umroh dengan fasilitas tempat menginap yang bisa dipilih. Namun bila memiliki anggaran lebih dapat memilih hotel setaraf bintang 5 di Mekkah dan Madinah.

Dengan deposit/DP hanya sebesar 1000 USD dan dilunasi satu bulan sebelum keberangkatan, kita telah menabung untuk investasi akhirat kita. Dan selama masa pelunasan itu, yakinlah bahwa Allah SWT akan membantu kita. Niat beribadah seharusnya tidak perlu dihalangi dengan melonjaknya harga BBM dan kenaikan tarif angkutan baik darat maupun udara. Insya Allah niat baik akan disambut baik juga oleh Allah SWT.

Yakinlah, setiap kita melangkah menuju terlaksananya niat baik tersebut,  kita  telah setapak lebih dekat kepada tujuan. Semoga niat kita beribadah umroh di tengah kesulitan ini dapat dimudahkan oleh-Nya. Aamiin.


Allah memampukan siapa saja yang mau, yang rindu, dan yang yakin.


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top