Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Muhasabah, doa, dan umroh akhir tahun 2014

Lepaskan semua beban tutup akhir tahun dengan muhasabah di Tanah Suci dengan paket umroh akhir tahun,  paket umroh Januari (closed), paket umroh Februari 2019 (closed), atau paket umroh 2015 lain: Umroh Maret 2019, Umroh April 2020, atau Paket Umroh lainnya dari Dena Tour.



Muhasabah

Muhasabah berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisab yang secara etimologi memiliki makna melakukan perhitungan. Secara syar’i, muhasabah berarti  sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam segala aspek kehidupan.

Breaking News! 
Coba dilihat terjemahan Google arti kata muhasabah dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia*. Kalau dicoba lagi dengan Google translate terjemahan "muhasabah" dari bahasa Arab ke bahasa Inggris adalah "account". Bagaimana opini anda mengenai terjemahan Google ini apakah valid atau tidak?  

Catatan: keyboard bahasa Arab bisa diakses di Arabic Keyboard.


Momentum Muhasabah

Di web Kementrian Agama RI, disebutkan sangat baik melakukan muhasabah di waktu Ramadhan. Jika waktu Ramadhan telah lewat, maka direkomendasikan memanfaatkan momentum yang ada saat ini untuk bermuhasabah diri.

Muhasabah dapat dilakukan baik secara vertikal yakni dalam hal hubungan manusia dengan Sang Pencipta maupun secara horizontal yakni antar manusia. Walaupun tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi tanpa berbuat dosa dan kesalahan, namun setidaknya kita senantiasa berusaha memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Setiap akhir tahun atau awal tahun hendaknya kita mencoba membuat semacam janji atau resolusi agar menjadi lebih baik di tahun depan. Baik dalam hubungan ibadah kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia. Jika anda sudah memiliki budget untuk berumroh, silahkan bandingkan dengan paket umroh 2015 Dena Tour. Karena pilihan terbaik muhasabah adalah dengan ibadah ke Tanah Suci kapanpun baik di akhir tahun di bulan Desember 2014 atau mengambil biaya umroh Januari 2015 (closed). Info: promo umroh Februari 2015 dengan harga @1630/pax (promo ini juga sudah habis). Paket lainnya adalah umroh Maret 2015 dan umroh April 2015.

Beberapa target yang bisa jadi ingin anda raih contohnya sebagai berikut:

Target Vertikal

  1. Sholat fardlu lebih tepat waktu 
  2. Perbanyak sholat Sunnah baik di pagi, siang maupun malam hari 
  3. Perbanyak puasa Sunnah
  4. One Day One Juz Al Qur’an, namun bila masih berat setidaknya mampu menyediakan waktu untuk membaca 10 ayat per hari.
  5. Menyegerakan membayar hutang kepada Allah misalnya hutang puasa Ramadhan dan nazar.


Target Horisontal

  1. Menyegerakan membayar hutang kepada manusia bila memang sudah ada dananya. Namun bila belum bisa, segera dibicarakan dengan pihak pemberi hutang bila ada kemungkinan terlambat membayar dan meminta jatuh tempo di perpanjang. Selain itu menunjuk ahli waris yang di sertai tanggung jawab bila anda dalam kondisi sakit atau meninggal dunia. Jika hutang sudah lunas, maka pengaturan perencanaan akan lebih leluasa.
  2. Mengurangi hutang bila tidak dalam kondisi sangat mendesak.
  3. Menyediakan waktu untuk belajar agama, baik dengan membaca buku,  mendatangi majelis taklim atau secara online melalui internet. Dewasa ini telah banyak website yang menyediakan layanan pembelajaran agama baik melalui artikel-artikel yang mereka tulis atau melalui video yang bisa di download.
  4. Perbanyak sedekah dan membantu orang lain yang sedang kesulitan.
  5. Menjaga lisan dengan menghindari kegiatan yang menjurus ghibah dan menyakitkan kawan bicara.


Muhasabah dan Doa Saat Umroh Akhir Tahun / Umroh 2019 dengan Paket Umroh 2019


Muhasabah akan lebih bermakna kita bila membuat checklist dan target yang jelas, terutama saat anda menjalankan ibadah umroh di akhir tahun. Anda dapat merencanakan kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan selain rukun wajib ibadah umroh. Rentang waktu yang ada antara rukun umroh yang satu dengan rukun umroh yang lain bisa anda gunakan untuk menambah pahala sekaligus melakukan muhasabah atau perenungan sebagai sarana evaluasi diri. Diantaranya adalah:

  • Sudahkah kita memperbarui niat kita beribadah semata hanya karena Allah SWT? Apakah kita beribadah selama ini telah benar-benar hanya untuk-Nya?
  • Sudahkah kita bertaubat nasuha dengan sebenar-benarnya taubat dan bersungguh-sungguh? Karena Allah telah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya,”... (Q.S. At-Tahrim: 8). Perbanyak membaca istighfar baik seusai sholat maupun di waktu-waktu luang ketika tidak mengerjakan rukun umroh. Terutama ketika berada di Masjidil Haram.
  • Memperbanyak sedekah. Ketika di perjalanan umroh barangkali kita bertemu dengan orang miskin yang membutuhkan makanan, ada baiknya kita memberikan bantuan semampu kita.
  • Menjaga lisan dan menundukkan pandangan. Ada baiknya kita menahan dari mengucapkan kata-kata yang tidak senonoh dan kata-kata kasar yang dapat menyakiti hati kawan bicara. Apalagi pada saat thawaf kita benar-benar dilarang berkata-kata buruk. Juga segera menundukkan pandangan ketika bertemu lawan jenis yang jelas bukan mahramnya.
  • Memperbanyak doa. Waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat thawaf, sa’i dari Shafa menuju Marwah, pada hari Arafah serta pada waktu melempar jumroh. Doa bisa diucapkan atau dalam hati dengan Bahasa yang anda bisa bila memang tidak mengetahuinya dalam Bahasa Arab. Namun lebih baik lagi bila anda menghafal beberapa doa yang ada dalam Al Qur’an.
  • Membantu jamaah lain yang membutuhkan bantuan. Ada kalanya teman seperjalanan mengalami kesulitan baik kekurangan perbekalan atau lainnya, maka bantulah mereka dengan semampunya. 

Demikian checklist yang bisa anda buat dalam rangka muhasabah akhir tahun baik ketika di tanah air atau ketika sedang berada di tanah suci melakukan ibadah umroh. Jika sedang beribadah umroh, maka shalat di tiga masjid utama yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsho setara nilanya dengan ribuan bahkan ratusan ribu kali lipat. Insya Allah tidak hanya shalat, ibadah lainnya pun akan berlipat ganda pahalanya. Dan yang lebih penting, banyak tempat-tempat mustajab untuk berdoa saat menunaikan ibadah umroh selain di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits,

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173)

Semoga menjadikan ibadah umroh anda makin bermakna, dan setelahnya langsung menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Setelah umroh, ibadah, berdoa, minum air zamzam, dan lain-lain di Tanah Suci nanti, Insya Allah hidup kita menjadi lebih segar, fresh, dan semua urusan menjadi kecil, mudah, dan lancar di hadapan kita karena bantuan dan doa-doa yang dikabulkan oleh Allah Yang Maha Kuasa. Aamiin.

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top