Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

3 Amunisi Muslim Paling Utama Setiap Saat (3)


3 Amunisi Muslim Paling Utama Setiap Saat (3) - Akhlak


Dengan memiliki 2 amunisi sebelumnya, yakni bertaqwalah kepada Allah di mana saja kalian berada dan ikutilah/balaslah kejahatan/keburukan dengan kebaikan/perbaikan dengan sebaik-baiknya, ternyata masih ada satu amunisi lagi yang harus diketahui, dipahami, dan diamalkan dengan sebaik-baiknya. Yakni:


3. Pergaulilah manusia dengan akhlak mulia

Bagaimana contoh akhlak yang mulia itu?

Sebenarnya sudah sangat jelas bagaimana contoh akhlak mulia. Ambil saja sebuah buku hadits dan sunnah mengenai bagaimana kehidupan Rasulullah sehari-hari. Rasulullah memiliki semulia akhlak manusia.


"Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (al-Ahzab [33]: 21)
Nabi Muhammad SAW: suri tauladan terbaik umat manusia.


PENTING: Bagaimana Mengetahui Akhlak Mulia Nabi Sesuai Peran Hidup Kita?

Ada dua cara mengetahui bagaimana akhlak mulia Nabi Muhammad SAW sesuai peran hidup kita masing-masing.

Cara pertama adalah membuka buku hadits Shahih Bukhari Muslim (sering disebut juga dua shahih atau shahihain.


Kitab Hadits Shahih Bukhari & Muslim
Kitab Hadits Shahih Bukhari & Muslim

Buku hadits Shahihain ini memiliki peringkat keshahihan paling tinggi di antara buku kumpulan hadits lainnya. Dari buku ini bisa dipelajari secara kontekstual bagaimana akhlak Rasulullah menghadapi suatu persoalan dalam suatu peran tertentu. Misal bagaimana menghadapi permasalahan dan perselisihan umat manakala beliau berperan sebagai ahli dan pemimpin hukum agama. Atau menghadapi masalah strategi peperangan manakala beliau sedang memiliki peran sebagai pemimpin militer.


Cara kedua adalah dengan mencari buku yang sudah mengklasifikasikan setiap spektrum kehidupan Rasulullah. Hal ini membuat lebih mudah mencari contoh kehidupan Rasulullah terkait peran beliau di sebuah peran atau spektrum kehidupan tertentu.

Salah satu contoh buku tersebut misalnya buku Nabi Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager yang ditulis oleh Muhammad Syafi’i Antonio . Di buku ini sudah dipisahkan setiap peran atau spektrum kehidupan Rasulullah dalam setiap bab tersendiri. Misalnya jika kita sedang berperan sebagai seorang suami, maka ada bab terkait peran Rasulullah sebagai kepala rumah tangga.

Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW
Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW


Jika kita seorang pebisnis, maka ada bab khusus di buku tersebut yang membahas peran beliau sebagai pedagang dan pengusaha.


Ensiklopedia Muhammad SAW, Jilid 2 Bisnis dan Kewirausahaan
Ensiklopedia Muhammad SAW, Jilid 2 Bisnis dan Kewirausahaan


Juga di bab-bab lainnya menjelaskan peran-peran spesifik beliau sebagai guru peradaban, ahli hukum, peran di bidang ekonomi, sosial, peran sebagai pendakwah, kepala negara, dan pemimpin militer. Lengkap bukan?

Itulah akhlak yang dicontohkan Rasulullah. Yakni akhlak mulia yang bersumber langsung dari Al Qur’an. Maka tidaklah mengherankan kalau disebut akhlak Rasulullah adalah akhlak Al Qur’an. Sungguh akhlak yang mulia.


Banyak kejahatan terjadi karena disebabkan oleh akhlak yang buruk seorang manusia terhadap sesamanya.


AKHLAK MULIA: The character of a believer.
AKHLAK MULIA: The character of a believer. Ciri orang bertaqwa.


Begitu pentingnya akhlak mulia ini sampai-sampai Nabi Muhammad SAW bersabda:

Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya." (HR al-Bukhari dan Muslim).


Cekidot juga 101 hadits Rasulullan mengenai akhlak. Ternyata betapa pentingnya akhlak mulia ini sehingga memang selayaknya menjadi amunisi muslim paling utama setiap saat. Subhanallah.


Kesimpulan

Setelah kita berpakaian dengan pakaian taqwa di manapun kita berada, bekerja dan beramal dengan selalu memperbaiki setiap kesalahan dan keburukan baik yang datang dari diri sendiri atau orang lain (continuous improvement), dan menghiasi niat, lisan, dan perbuatan tersebut dengan akhlak yang mulia sesuai tuntunan Al Qur’an dan sunnah Rasulullah, maka kita menjadi muslim paling utama.

Amunisi taqwa menjadi bekal untuk menjaga hubungan baik dengan Allah, amunisi berbuat kebaikan dan perbaikan adalah menjaga hubungan baik dengan diri sendiri (continuous self development / pengembangan dan perbaikan diri secara terus-menerus ke arah yang lebih baik), dan amunisi berakhlak mulia adalah bekal untuk berhubungan dengan sesama kita. Yang ketiganya bernilai ibadah kepada Allah.


3 Amunisi Muslim Utama Setiap Saat:
  1. Bertaqwalah kepada Allah di mana saja kalian berada 
  2. Ikutilah/balaslah kejahatan/keburukan dengan kebaikan/perbaikan 
  3. Bergaul kepada sesama dengan akhlak yang mulia

Semoga ketiga amunisi muslim paling utama ini (taqwa, kebaikan/perbaikan terus-menerus, dan akhlak mulia) tetap kita miliki dan selalu tersedia setiap saat dengan dipahami dan diamalkan dengan sebaik-baiknya.

Semoga barokah dan bermanfaat. 

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Back To Top