Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Masjid Terapung dengan Pemandangan yang Eksotis

Artikel Baitussalam Umroh

Masjid Terapung - Laut Merah - Jeddah
Masjid Terapung, Laut Merah, Jeddah


Jeddah adalah ibu kota dari Arab Saudi yang memiliki pangkalan pelabuhan utama. Diantaranya terdapat bandara utama Jeddah, di mana penerbangan dari berbagai negara di dunia singgah di bandara Jeddah. Baik yang datang untuk melaksanakan umroh, haji, maupun hanya sekedar berwisata menyusuri keindahan negara Islam ini. Tempat dimana semua umat Islam di dunia berkumpul menjadi satu untuk menunaikan ibadah di tanah suci.


Jeddah, Tempat Makam Hawa

Konon, Jeddah berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti Nenek. Karena di kota Jeddah terdapat makam seorang nenek dari seluruh umat manusia yang ada di dunia ini, yaitu Hawa.

Di Jeddah terdapat sebuah masjid yang sangat terkenal dan fenomenal untuk sebagian besar umat Islam. Khususnya yang berada di kawasan Asia Tenggara. Mengapa menjadi terkenal? Karena hampir semua travel atau biro perjalanan menjadikan masjid ini masuk dalam daftar tempat wisata yang tidak terlewatkan bagi pengunjung dan jamaahnya. Nama masjid ini yaitu Masjid Ar Rahmah atau lebih dikenal dengan nama Masjid Terapung.


Floating Mosque

Masjid ini dinamakan sebagai Masjid Terapung atau Floating Mosque, karena posisinya yang terletak di ujung barat Laut Merah dan berada tepat di atas laut, serta di sisi anjungan. Hal ini menjadikan Masjid Terapung terlihat mengapung di dalam air. Yang lebih unik lagi dari masjid ini yaitu ketika terjadi pasang dengan disertai ombak. Pondasi masjid tidak akan terlihat dan terlihat seolah-olah sedang mengapung di air.

Masjid Terapung akan terlihat tampak eksotis, saat subuh hari. Di mana lampu-lampu yang berkilauan, disertai dengan perpaduan Laut Merah yang begitu tenang.

Masjid Ar Rahmah sendiri tidak ada kaitan sama sekali dengan history perkembangan agama Islam. Konon asal mula masjid ini merupakan tanah wakaf pemberian seorang janda kaya yang ditinggal wafat suaminya. Dan memiliki kekayaan yang berlimpah, yang kemudian diwakafkan beliau untuk dibangun sebuah masjid. Dimana masjid itu sekarang sangat terkenal bagi para jamaah umroh dan haji di berbagai belahan dunia. Serta menjadikan masjid ini sebagai daftar tempat utama kunjungan bagi para jamaah dan wisatawan.

Keindahan dan suasana yang menyenangkan di sekitar Masjid Ar Rahmah. Menjadikan tempat ibadah ini cocok sebagai tempat beribadah, beristirahat/relaksasi, sekaligus tempat berwisata dan berfoto-foto sebagai kenangan bagi para jamaah dan wisatawan yang berkunjung. Apalagi di sepanjang masjid juga telah dibangun taman dan tempat rekreasi, juga pusat wisata belanja. Sangat menyenangkan sekali, sambil beristirahat dan menikmati keindahan Laut Merah.

Masjid Terapung bisanya digunakan untuk shalat fardhu, shalat jumat dan akan digembok selepas sholat Isya’. 


History Laut Merah

Laut Merah yang membentang di bawah Masjid Terapung ini juga memiliki kisah tersendiri. Tentang Raja Firaun dan Nabi Musa. Di saat pasukan Nabi Musa dikejar oleh pasukan Firaun. Allah memberikan pertolongan melalui Nabi Musa yang membelah lautan dengan tongkatnya. Sehingga pasukan Nabi Musa terselamatkan dan pasukan Raja Firaun ditelan gelombang lautan. Yang sekarang terkenal dengan Laut Merah. Laut Merah yang membentang dan memperindah kota Jeddah ini sering disebut dengan Pengantin Laut Merah atau The Bread from the Red Sea.


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top