Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Umroh Plus Wisata Religi ke Negeri 99 Cahaya: Turki

Umroh Plus Wisata Reliji


Dahulu, umroh hanya dimaknai sebatas perjalanan ibadah. Namun kini perjalanan ibadah umroh dilengkapi pula dengan perjalanan wisata religi dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah terutama tentang sejarah Islam. Awalnya hanya tempat-tempat di sekitar Mekkah dan Madinah, namun kini mulai merambahi tempat-tempat bersejarah yang erat hubungannya dengan sejarah perkembangan Islam di kawasan Timur Tengah dan Eropa.


Istanbul, Kota Terbesar di Turki

Salah satunya adalah kota Istanbul Turki. Kota Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang juga menjadi jantung ekonomi, budaya dan memiliki nilai sejarah. Sedangkan ibukota Turki bernama Ankara.

Istanbul sebelumnya bernama Byzantium yang didirikan pada tahun 660 Masehi, Kota ini juga dikenal dengan sebutan Konstantinopel juga sempat menjadi ibu kota dari 4 kekaisaran, yaitu Kekaisaran Romawi (330–395), Kekaisaran Romawi Timur (395–1204 dan 1261–1453), Kekaisaran Latin (1204–1261), dan Kekaisaran Utsmaniyah (1453–1922).

Kota ini memiliki peranan penting dalam kemajuan penyebaran Kristen selama masa Romawi sebelum Utsmaniyah menaklukkannya pada tahun 1453 dan mengubahnya menjadi jantung pertahanan Islam sekaligus ibukota kekhalifahan terakhir..


Istiklal Avenue

Istiklal avenue istanbul
Istiklal avenue istanbul


Tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Istanbul antara lain Istiklal Avenue. Tempat ini merupakan jalanan yang paling ramai dengan bangunan café, toko-toko, restoran dan bar. Terdapat pula toko buku yang ramai dikunjungi wisatawan. Semuanya buka hingga tengah malam sehingga memudahkan kita mengatur waktu untuk beribadah dan sekaligus berbelanja atau sekedar menikmati keramaian.


Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed Turki
Masjid Sultan Ahmed Turki

Tempat berikutnya adalah Masjid Sultan Ahmed, dalam bahasa Turki disebut sebagai Sultan Ahmet Camii berada di Istanbul dan sering disebut sebagai Masjid Biru karena di masa lalu semua interior masjidnya berwarna biru termasuk ubin dan dindingnya. Kini warna biru telah dihilangkan dan masjid tersebut tidak lagi berwarna biru. Masjid tersebut dibangun oleh Sultan Ahmed I sejak tahun 1609 hingga rampung pada tahun 1616. Sultan Ahmed ketika wafat dimakamkan di masjid tersebut.

Masjid ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, dimana sebelum 1453 merupakan pusat Konstantinopel, ibukota kekaisaran Bizantium. Berada di dekat situs kuno Hippodrome, serta berdekatan juga dengan Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci (Hagia Sophia) yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.


Tempat menarik berikutnya adalah Hagia Sophia

Hagia Sophia Istanbul Turki
Hagia Sophia Istanbul Turki


Hagia Sophia menurut sejarahnya dahulu merupakan bangunan gereja, saat Konstantinopel ditaklukkan oleh Sultan Ahmed II pada hari Selasa 27 Mei 1453 tempat tersebut diubah menjadi masjid dan namanya diubah menjadi Masjid Aya Sofia.

Berbagai modifikasi dilakukan agar sesuai dengan corak bangunan masjid. Pada masa Mehmed II ( 1444 – 1446 dan 1451-1481 ) dibuat menara di selatan. Selim II ( 1566 – 1574 ) membangun 2 menara dan mengubah bagian bercirikan gereja, termasuk mengganti tanda salib yang terpampang pada puncak kubah dengan hiasan bulan sabit.

Selama 500 tahun Hagia Sophia berfungsi menjadi masjid. Patung, salib dan lukisannya sudah dicopot atau ditutupi cat.

Pada tahun 1937, Mustafa Kemal Ataturk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum. Maka dimulailah proyek “Pembongkaran Hagia Sophia” dengan mengerok cat-cat kaligrafi di beberapa bagian dinding dan langit-langit sehingga ditemukan kembali lukisan-lukisan sakral Kristen. 

Demikianlah beberapa tempat yang indah dan bersejarah yang dapat dikunjungi seusai menjalankan ibadah umroh. Diharapkan dengan perjalanan menelusuri jejak-jejak Islam di negara yang berada dekat dengan Eropa ini dapat menambah wawasan kita tentang sejarah Islam dan perkembangannya.

Informasi paket umroh murah silahkan lihat paket umroh 2015.
Penulis: Trina Tri Nawangsih

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top