Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Suntik Meningitis itu Apa Sih?

Suntik Meningitis - Harga Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014 - Januari 2015
Mengapa ada keharusan melakukan vaksin meningitis sebelum pergi umroh atau haji ?


Sebelum melakukan ibadah haji, umroh atau bepergian ke luar negeri terutama ke negara-negara yang memiliki riwayat epidemik meningitis.


Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan vaksin meningitis sebagai syarat melakukan ibadah umroh dan haji. Karena menurut WHO ( World Heath Organization ) Arab Saudi termasuk salah satu tempat endemik bagi penyebaran virus penyakit meningitis. Virus meningitis ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan cacat yang cukup serius.

Namun apakah sebenarnya yang disebut sebagai meningitis itu?. Meningitis merupakan radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut sebagai meningen.



Penyebab Meningitis

Penyebab meningitis bisa terjadi akibat infeksi oleh virus, bakteri atau dari mikroorganisme lainnya. Dalam kasus tertentu dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena terjadinya peradangan di otak dan sumsum tulang belakang, sehingga meningitis dianggap penyakit yang sangat berbahaya. Penanganan yang tidak cepat , selain dapat menyebabkan kematian, apabila bisa sembuh dapat menyebabkan kecacatan.

Virus ini akan menyebar melalui darah menuju otak dan sumsum tulang belakang. Sebelumnya, virus ini akan masuk ke tubuh kita melalui udara. Dari udara kemudian menuju tenggorokan lalu masuk ke darah dan menuju otak.

Gejala-gejala meningitis yang dapat dikenali adalah sakit kepala dan leher kaku disertai demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah dan gangguan kepekaan terhadap cahaya ( dikenal dengan istilah fotobia ) atau juga kepekaan terhadap suara yang keras ( fonobia ). Sedangkan meningitis pada anak-anak menunjukkan beberapa gejala nonspesifik seperti lekas marah dan mengantuk. Ruam merah juga muncul juga dapat menunjukkan gejala dari meningitis, hal ini disebabkan oleh bakteri meningokokus.

Untuk mendiagnosa ada atau tidaknya meningitis di tubuh kita maka tindakan punksi lumbal dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam kanalis spinalis untuk mengambil sampel likuor serebrospinalis (LCS) yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang. LCS kemudian dibawa dan diperiksa di laboratorium medis.


Penanganan Pada Meningitis Akut

Penanganan pertama pada meningitis akut terdiri dari pemberian secara tepat berbagai antibiotik dan kadang-kadang obat antivirus. Kortikosteroid juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya komplikasi karena radang yang berlebihan.

Meningitis dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang seperti ketulian, epilepsi, hidrosefalus (pembengkakan di kepala akibat cairan otak yang berlebihan) dan defisit kognitif, terutama bila tidak dirawat dengan cepat dan tepat. Beberapa jenis meningitis (misalnya yang berhubungan dengan meningokokus, Haemophilus influenzae type B,pneumokokus atau infeksi virus mumps) dapat dicegah oleh imunisasi / vaksin Meningitis.

Biaya yang dkeluarkan untuk vaksin meningitis ini berkisar antara 150 ribu hingga 350 ribu tergantung dari jenis vaksin yang digunakan. Setelah melakukan vaksin meningitis kita akan mendapatkan Buku Kuning Vaksin Meningitis. Buku kuning tersebut merupakan persyaratan dalam pengurusan visa untuk dapat masuk ke Kerajaan Arab Saudi melakukan ibadah haji, umroh atau kunjungan lainnya.

Sedangkan tujuan dari suntik vaksin meningitis adalah untuk melindungi jamaah dari penularan virus penyebab meningitis dan vaksinasi ini dapat berlaku selama 3 tahun. Apabila setelah tiga tahun tadi kita ingin kembali melakukan umroh atau haji maka kita harus melakukan vaksinasi meningitis kembali.

Semoga dengan informasi diatas, kita dapat melakukan umroh atau haji dalam kondisi badan sehat, dapat melaksanakan rukun dan syarat-syarat ibadah sesuai tuntunan dan kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat pula. Aamiin.


Penulis: Trina Tri Nawangsih


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top