Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Puasa, Tapi Tidak Shalat. Bagaimanakah Hukumnya?

Puasa tapi tidak shalat

Shalat dan I'tikaf Paling Utama adalah di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqso. Shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan Program Biaya Paket Umroh Murah Desember 2018/2019!


Ada beberapa pandangan ulama mengenai permasalahan puasa tapi tidak shalat ini.


Ada ulama yang mengatakan kafir bagi orang yang meninggalkan salah satunya.

Ada lagi yang mengatakan kafir, bila meninggalkan shalat dan tidak membayar zakat.

Juga ada yang menyebutkan bahwa seseorang dikatakan kafir bila meninggalkan shalat saja. Dikarenakan keutamaan sholat dan kedudukannya yang sangat utama, serta merupakan amalan yang pertama kali dihisab di akhirat nanti.

Program Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014. Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


"Hal yang membedakan antara seseorang dengan kekafiran ialah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim)


Pandangan yang menyatakan bahwa bagi yang meninggalkan sholat tergolong kafir, bahwa amalan orang kafir adalah tertolak. Jadi walaupun ia berpuasa pun tidak mendapatkan balasan pahala.


Sempurnakan Ibadah dengan Haji. Mudahkan ke Tanah Suci dengan Haji Kecil. Program Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014.



Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin ditanya: “Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat?”

Beliau pun menjawab:


“Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad. Dalil bahwa meninggalkan shalat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala,“Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (Qs. At Taubah [9]: 11)


‘Abdullah bin Syaqiq –rahimahullah- (seorang tabi’in yang sudah masyhur) mengatakan, “Para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menganggap sebuah amalan yang jika seseorang meninggalkannya maka menyebabkan dia kafir selain perkara shalat.” [Diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari 'Abdullah bin Syaqiq Al 'Aqliy; seorang tabi'in. Hakim mengatakan bahwa hadits ini bersambung dengan menyebut Abu Hurairah di dalamnya. Dan sanad (periwayat) hadits ini adalah shohih. Lihat Ats Tsamar Al Mustathob fi Fiqhis Sunnah wal Kitab, hal. 52, -pen]


Promo Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014, Solusi Belanja Barokah.



Dalam sabda Rasulullaah,


“Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)


Alasan lain yaitu Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:


“Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 82)


Ada lagi yang mengatakan bahwa mereka masih tetap termasuk ke dalam golongan orang beriman. Asalkan mereka bertauhid kepada Allah dan Rasul-Nya.

Dari sini diambil kesimpulan, bahwa orang yang meninggalkan sholat, karena alasan malas atau lebih mengikuti hawa nafsunya. Biaya paket umroh murah Desember 2014 solusi kita semua. Maka orang seperti ini tetap masih masuk ke dalam golongan Islam. Hanya saja memiliki keimanan yang lemah dan tidak sempurna.

Oleh karena itu, apabila seseorang berpuasa namun dia meninggalkan shalat, puasa yang dia lakukan tidaklah sah (tidak diterima). Amalan puasa yang dia lakukan tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti.

Oleh sebab itu, kami katakan, “Shalatlah kemudian tunaikanlah puasa.” Adapun jika engkau puasa namun tidak shalat, amalan puasamu akan tertolak karena orang kafir (karena sebab meninggalkan shalat) tidak diterima ibadah dari dirinya.


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top