Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Larangan dalam Umroh (Berihram)

Artikel Baitussalam Umroh Seri: Larangan Ihram


Dalam berihrom bagi jamaah umroh, tentunya memiliki ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Agar ibadah umrohnya sah.

Jika jamaah umroh tidak tertib dan melakukan pelanggaran dalam umroh, maka akan mendapatkan konsekuensi yang harus dibayar, sesuai dengan ketentuan yang ada  dalam aturan Islam.

Adapun larangan dalam berumroh berlaku untuk perempuan dan laki-laki. Ada persamaan dan perbedaan yang termasuk dalam larangan dalam berihrom ini, bagi laki-laki dan perempuan.


Larangan yang berlaku untuk laki-laki dalam ihrom


1. Memakai pakaian yang berjahit

Segala sesuatu bahan yang berjahit, seperti baju kaos, celana, kaos kaki, sepatu, surban, jubah bertudung, dll. Maka dari itu, pakaian yang diperbolehkan saat berihrom adalah kain tanpa jahitan sebagai penutup badan untuk laki-laki.

2. Menutup kepala

Maksud dari menutup kepala disini adalah seperti topi, kopiah, blangkon, dll yang melekat langsung di kepala. Sedangkan untuk tenda, payung, tempat berteduh lainnya tidak ada larangan dalam menggunakannya.


Larangan yang berlaku untuk perempuan dalam ihrom


1. Menutup wajah (menggunakan cadar)

Kecuali ada laki-laki yang mendekat dengannya. Maka diperbolehkan untuk menutup wajahnya agar tidak terlihat langsung oleh laki-laki tersebut.

2. Memakai kaos tangan


Larangan berihrom yang berlaku untuk laki-laki dan perempuan


1. Mencukur Rambut
2. Memotong Kuku
3. Menggunakan parfum saat berihrom
4. Melamar, menikah atau menikahkan orang lain
5. Menyentuh, mencium dan sejenisnya yang menimbulkan syahwat
6. Melakukan Jima’ antara suami istri
7. Membunuh binatang dengan sengaja
8. Merusak tanaman dan memetiknya


Adapun hukum yang berlaku bagi yang melakukan pelanggaran-pelanggaran dalam berihrom tersebut, yaitu:

  1. Untuk pelanggaran yang terjadi tanpa disengaja, tertidur, tidak tahu, atau dipaksa. Maka dia tidak akan mendapatkan kewajiban untuk membayar dam/fidyah, juga tidak pula mendapatkan dosa dan merusak pahala umrohnya
  2. Untuk pelanggaran yang terjadi dengan kesengajaan karena sebuah uzur/halangan. Maka dia tidak berdosa. Akan tetapi tetap terkena ketentuan/kewajiban yang berlaku dalam pelanggaran ihrom
  3. Sedangkan bagi siapa saja yang melanggar ketentuan dalam berihrom dengan sengaja. Maka dia termasuk berdosa dan diwajibkan untuk melaksanakan segala konsekuensi yang berlaku dalam pelanggaran ihrom


Dari penjelasan di atas tentang apa saja pelanggaran-pelanggaran berihrom. Berlaku bagi perempuan dan laki-laki. Tentunya para jamaah umroh harus mematuhi apa saja yang dilarang, melaksanakan apa saja yang menjadi rukun wajib berumroh, dan juga tidak mengapa melaksanakan apa saja yang diperbolehkan dalam berumroh.

Manfaat adanya larangan ihram ini adalah memelihara kualitas sami'na wa atho'na (just do it) dengan meninggalkan semua larangan-Nya dalam rangka meningkatkan derajat taqwa di sisi Allah. 

Manfaat lainnya adalah supaya tetap terjaga lapisan fisik/tubuh para jamaah umroh dengan kebersahajaan dan kesederhanaan, meninggalkan pernak-pernik duniawi yang ribet dan kompleks. 

Dengan mempertahankan dominasi warna putih pakaian ihram yang menandakan kebersihan dan kesucian, sebagai simbol bahwa kebersihan dan kesucian harus dijaga dan pelihara dengan istiqomah. 

Akhirnya para jamaah fokus pada pengembangan lapisan-lapisan rohani yang sangat penting bagi perkembangan kehidupan untuk di masa yang akan datang setelah pulang dari umroh atau haji kelak.

Semoga artikel ini dapat menambah khasanah, yang bisa menjadi panduan Anda dalam melaksanakan ibadah umroh dari mulai perintah, larangan, maupun biaya umroh yang nanti nya perlu di siapkan.

Dan ini menjadi sebuah pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui. Karena sangat berpengaruh dalam terlaksananya ibadah umroh Anda yang tertib, khusyu’ dan mabruroh.

Rencanakan Ibadah Umroh Anda dengan matang dan berkualitas. Serta dapatkan pengetahuan yang mendalam mengenai ibadah umroh. Sehingga mendapatkan manfaat dan pahala yang berlipat dari Allah subhanahu wa ta’ala.


Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top