Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Dahsyatnya Umroh

Puasa tapi tidak shalat


Haji dan Umroh


Setiap Muslim tentunya sangat merindukan untuk bisa datang ke tanah suci Makkah. Karena di tanah haram ini banyak sejarah para Nabi dan bagaimana ka’bah dibangun oleh seorang Abul Anbiya’.

Sehingga tentunya ada 2 aktivitas yang dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia untuk menuju Makkah ini, yaitu ibadah haji dan umroh.

Aktivitas haji tentunya dikhususkan hanya pada waktu bulan Dzulhijjah.

Sedangkan umroh bisa dilakukan kapanpun jamaah muslim menginginkannya.


Berikut beberapa keutamaan dari ibadah umroh:

1. Umrah adalah jihad sebagaimana ibadah haji

Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).


2. Menghapus dosa di antara dua umroh

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)


3. Umrah menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)


Umar meriwayatkan, Nabi SAW bersabda,

Perturutkanlah antara haji dan umrah, sebab sesungguhnya berturut-turutnya antara keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, ibarat kir (ububan api pada tukang besi) yang menghilangkan kotoran besi.” (HR. Ibnu Majah: 11/964).



4. Dimasukkan ke dalam syurga

Dan dinukil dari kitab Ihya Ulumuddin, Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa keluar untuk menunaikan ibadah haji atau umrah lalu meninggal dunia, maka baginya diberlakukan pahala berhaji dan berumrah hingga hari kiamat. Dan barangsiapa meninggal dunia di salah satu Tanah Suci, maka kelak dia tidak diadili dan tidak pula dihisab, melainkan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke dalam surga” (vol. I, hlm. 215).


5. Menyamai ibadah haji saat dilakukan di bulan Ramadhan

Di dalam Shahih Muslim diceritakan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Mengerjakan umrah pada bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.” (HR. Muslim: IV/61).


Subhanallaah!

Begitu besar kedahsyatan yang diberikan Allah bagi umat muslim dan muslimah yang mau melaksanakan ibadah umroh.

Bahkan yang tak kalah pentingnya ibadah umroh ini dianggap sebagai jihad bagi wanita muslimah, dihapuskan dosa di antara dua umrohnya, menghilangkan kefakiran/kemiskinan dan dosa, mendapat pahala yang besar seperti haji jika dilakukan di bulan Ramadhan, dan akan memasukkan orang yang melaksanakan ibadah umroh dengan khusu’ ke dalam syurga ketika meninggal dunia, bahkan tanpa dihisab dan diadili.

Dengan sekian banyak manfaat yang di dapat baik di dunia maupun di akherat, siapa yang tidak rindu untuk datang ke baitullaah?

Bahkan tempat ini menjadi magnet bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Dengan berbagai cara dan kesempatan umat muslim berbondong-bondong untuk beribadah dan 'setor muka' kepada Allah di tanah suci.

Semoga mendapatkan umroh yang mabruurah dan barokah dengan semua hikmah umrohnya. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.


Berangkat umroh dengan Emirates


Labbaiik... Allahumma Labbaiik... Aku memenuhi panggilan-Mu Ya Allah."

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top