Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Brainware VS Soulware (Bag. 3, selesai)

Brainware VS Soulware (Bag. 2)
Nabi, Citi Tour Kota Madinah, Thawaf dan Sa'i di Masjidil Haram Makkah, Minum Air Zam-zam, City Tour Makkah dan Jeddah. Dan Program Ibadah Lainnya.
Artikel sebelumnya: Brainware VS Soulware (Bag. 2).



Hidupkan 

Komputer, mesin, dan robot semuanya benda mati. Artinya tidak hidup dan tidak punya ruh. 

Tapi apa arti kalimat-kalimat berikut ini: “hidupkan komputernya dong”, “hidupkan mesin mobilnya”, dan “nyalakan robot-robotannya”? Mengapa bisa menggunakan kata hidupkan?

Padahal dalam bahasa lain tidak hidupkan. Misalnya di bahasa Inggris, switch on atau turn on itu artinya to cause to operate by flipping a switch. Artinya membuat sesuatu beroperasi/berfungsi/bekerja (bukan hidup) dengan memencet sebuah saklar.

Promo biaya paket umroh murah Desember 2014, umroh hemat dan cerdas. Mengenai bahasa Indonesia “hidupkan komputernya dong” bisa dipahami hidupkan artinya membuat komputer tersebut beroperasi/bekerja. 

Kata lain hidupkan adalah nyalakan. Misal “nyalakan komputernya dong”. Maksudnya sama dengan sambungkan ke listrik, hidupkan powernya, dan operasikan. 

Karena uraian di atas, sementara boleh kita terima kata “hidupkan” artinya menyalakan atau membuat komputer bisa siap untuk digunakan. Dan maksud sebenarnya dari menghidupkan, menyalakan, switch on, turn on dan sejenisnya adalah mengalirkan daya arus listrik ke komputer.

Digunakan kata “hidup” karena komputer tersebut menjadi bisa melakukan fungsi-fungsi dan operasi-operasi seperti layaknya mahluk hidup. Hanya bedanya komputer tidak melakukan proses respirasi/pernafasan seperti layaknya makhluk hidup .


Tersisa Quota Umroh Desember dengan Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014



Analogi Komputer dan Manusia

Kembali kepada komponen interaksi komputer dan manusia. Maka listrik komputer adalah sumber “kehidupan” komputer. Dengan adanya listrik yang teralirkan ke perangkat keras (hardware) komputer, maka perangkat-perangkat tersebut memiliki energi untuk beroperasi. 

Komputer dialiri listrik maka komputer “hidup”. Jika tidak maka komputer “mati”.

Manusia memang pintar. Mereka berusaha meniru apa yang dilihatnya di alam. Mereka melihat burung yang terbang di angkasa, mereka membuat pesawat. 

Mereka melihat ikan di air, mereka membuat kapal laut. Mereka melihat ular, lalu mereka membuat kereta api. Mereka melihat kuda dan onta, mereka lalu membuat mobil. 

Mereka melihat diri mereka sendiri, lalu mereka membuat anatomi mesin dan robotika. Percayakan ibadah umroh Anda kepada kami sedang ada promo biaya paket umroh murah Desember 2014. Pekerjaan buruh tenaga kasar mereka buatkan dan gantikan dengan mesin/robot industri supaya lebih efektif dan efisien kerjanya.

Setelah dilakukan penelitian yang panjang akhirnya ditemukan suatu bentuk energi yang bisa menggerakkan benda-benda mati agar bisa berfungsi sesuai kebutuhan dan keinginan manusia. Itulah energi listrik.


Pemetaan Komputer dan Manusia

Saat ini komputer adalah mesin yang paling dekat kemiripannya dengan manusia, secara umum. 

Sesuai dengan teori 5 lapisan manusiawi manusia, berikut pemetaan kemiripan komputer dengan manusia.

1. Lapisan ruh manusia

Manusia diisi 'energi' ruh. VS komputer diisi energi listrik.

2. Lapisan jiwa/bawah sadar manusia. 

Berisi program-program kerja dan SOP-SOP behavior manusia. VS komputer memiliki lapisan perangkat lunak sistem operasi.

3. Lapisan perasaan manusia

Berisi rasa sebagai penghubung lapisan bawah sadar/jiwa/mental dengan lapisan pikiran. Termasuk juga emosi, kreatifitas, dan intuisi. VS komputer memiliki lapisan perangkat lunak program aplikasi. Program aplikasi ini akan menentukan komputer itu jenis apa dan berfungsi untuk apa. Komputer itu "rasa"-nya apa. Kira-kira seperti itu. Promo paket umroh murah.

4. Lapisan pikiran manusia. 

Berisi logika, analisis, prosedural, kitisi, dan intelejensia. VS komputer memiliki logika yang diprogram pada bagian prosesor. Logika komputer adalah maya, bukan fisik. Sama seperti manusia. 

5. Lapisan fisik manusia. 

Terdiri dari organ-organ tubuh dalam dan luar sebagai alat koordinasi dan panca indera sebagai alat input/output. VS komputer memiliki perangkat keras input seperti keyboard dan mouse, perangkat pemprosesan yakni central processing unit yang menghasilkan hasil pemprosesan logika-logika, penyimpanan data dan informasi, dan perangkat output seperti monitor dan printer. 

Ingat bahwa penyimpanan manusia juga berupa fisik yakni di otak, di tangan, dan di kaki.

Sampai di 5 lapisan manusiawi ini, sudah tergambar pemetaan dengan komponen-komponen komputer. Ternyata teknologi komputer mencontoh manusia. 


Progam Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014, Daftarkan Keluarga Anda.



Pemetaan Lebih Lanjut

Selanjutnya adalah jaringan komputer. Ini mengikuti hubungan antar manusia (hablumminannaasi). Kabel bisa diibaratkan dengan jalur/channel silaturahmi. 

Hub, switch, router nirkabel/wireless adalah tiruan dari mushalla dan masjid dimana jaringan manusia berkumpul dan membentuk jaringan silaturahmi wireless yang sudah ada bahkan sebelum ditemukannya jaringan token ring.


Jaringan komputer
Dengan tersambungnya sebuah komputer ke sebuah jaringan baik melalui hub, switch, atau router access point, maka komputer tersebut bisa membagi dan dibagi/share sumber daya yang ada di dalam jaringan tersebut, seperti Internet, printer, data dan informasi dari komputer atau server lain, dan kesempatan untuk upgrade antivirus, updated scan, serta akses ke program-program peningkatan kinerja dan kesehatan komputer. Hal ini akan sangat menambah nilai komputer tersebut dibandingkan dengan kalau tidak disambungkan ke jaringan.

Promo paket umroh murah. Sama dengan seorang manusia yang hidupnya hanya menyendiri, maka sebuah komputer stand alone juga akan kurang memiliki nilai. Mengapa? 

Karena komputer itu tidak bisa menjadi bagian dari suatu sistem yang lebih besar untuk mencapai tujuan yang juga lebih besar. Bahkan bisa jadi komputer stand alone itu akan terlupakan dan tidak digunakan lagi karena sudah tidak kompatibel dengan format data dan informasi terkini. 

Sama dengan orang yang selalu menyendiri tidak terhubung kemana-mana. Maka dia akan tidak bisa bersosialisasi dan memberikan manfaat kepada manusia lainnya. Dia tidak bisa berbagi dan dibagi. Sehingga nilainya tidak tinggi bagi manusia lainnya dan dimata Sang Pencipta.


Masjidil Haram
Masjid sebagai access point manusia dalam menjalin jaringan silaturahmi antar manusia shalih. Di masjid lah semua node/titik manusia terhubung. Semua update informasi seharusnya dimulai dari masjid kepada jamaah, dan berantai didistribusikan ke masjid-masjid lain dan seterusnya. Pusat access point masjid terakhir adalah Masjidil Haram. Di mana di sanalah access point utama bagi semua masjid dan jamaah seluruh dunia. Karenanya shalat di masjid ini pahalanya sangat besar sekali. Aktif di masjid akan membuka jalur cepat silaturahmi terbaik bagi setiap manusia. Hal ini harus disadari bagi semua umat Islam dan juga jamaah masjid jangan sampai tidak memakmurkan/meramaikan masjid.


Pemetaaan Akhir

Pemetaan terakhir adalah interaksi komputer dengan manusia. Agar komputer bisa menjalankan fungsinya sebaik mungkin sesuai tujuan pembuatan komputer oleh manusia, maka komputer itu harus patuh kepada manusia. Jangan ada virus, trojan, mailware, spam, dan semua yang mengganggu sistem operasi dan program aplikasi di komputer itu. 

Maka komputer harus secara periodik diupdate antivirusnya, discan juga secara periodik, didefragment agar lebih bagus kinerjanya, sehingga tujuan manusia membuat dan menggunakan komputer akan tercapai.


Ancaman dideteksi.
Komputer harus diinstal antivirus. Antivirus itu harus diupdate/perbarui secara periodik. Antivirus juga harus dijalankan scan isi komputer secara periodik. Jika ditemukan ancaman/threat (bisa berupa virus, trojan, spamware, dan lain-lain) yang dapat merusak perangkat lunak (sistem operasi dan program aplikasi komputer) dan perangkat kerasnya, maka ancaman virus dan lainnya itu harus segera dimusnahkan. Agar komputer sehat dan bisa bekerja sesuai yang diharapkan manusia. 

Karena kalau tidak dijaga dari virus dan penyebab kerusakan lainnya, maka komputer akan mudah terserang virus dan tidak bekerja sesuai yang diharapkan. Semakin lama tidak digunakan. Dan akhirnya tidak terurus dan mudah rusak. Kalau sudah rusak, maka komputer itu menjadi sampah masyarakat.


Komputer-komputer rusak.
Komputer rusak yang menjadi sampah masyarakat. Bagaimana kalau manusia 'rusak'?

Sama seperti manusia. Agar manusia bisa menjalankan fungsinya sebaik mungkin, maka manusia harus patuh kepada Tuhan-nya. 

Jangan ada virus kejahatan, iri dengki, pengadu domba, syahwat tidak pada tempatnya, dan semua penyakit jiwa/mental/bawah sadar yang bisa mempengaruhi lapisan perasaan dan pikiran yang akhirnya menjadi misfunction dan misconduct. Hal ini akan menggerakkan lapisan fisik manusia ke hal yang tidak sesuai dengan tujuan penciptaan.

Maka manusia harus secara periodik beribadah dan berdoa kepada Tuhan-nya, melakukan introspeksi diri dengan menscan jiwa, rasa, pikiran, dan fisiknya apakah ada masih ada virus dan sumber penyakit residen yang akan merusak kinerja hidupnya.  

Kalau ada penyakit hati dan dosa, maka harus segera dibersihkan dengan taubat kepada Tuhan dan meminta maaf kepada manusia yang disakiti. Lalu berbuat sebaik-baiknya menjaga dan meningkatkan pertahanan diri dari virus-virus berbahaya yang bisa menyerang pertahanan lapisan manusiawi setiap saat dengan berbagai cara. 

Kalau semua virus dan penyakit diri sudah sirna, maka semua lapisan manusiawi akan bisa bekerja secara optimal untuk meningkatkan kinerja dan nilai diri. Menjadi manfaat bagi diri, keluarga, sesama dan umat.


Masjid
Masjid adalah tempat ibadah. Ibadah yang dimaksud di sini bisa mengupdate informasi tentang keagamaan sehingga ilmu agama lebih update dan tahan dari serangan virus dan penyakit-penyakit diri. Masjid juga menjadi tempat scan/introspeksi diri dan melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan masukan dari ulama (kiyai dan ustadz). Masjid juga menjadi hub/switch/router untuk meluaskan silaturahmi sebagai peningkatan nilai ranking diri secara global. 

Juga harus terus diperluas jaringan silaturahminya karena semakin banyak jalur silaturahmi, maka semakin tinggi nilai rangking manusia itu. Sehingga bisa menjadi bagian dari umat global dan memberikan manfaat secara global.

Dan akhirnya tujuan Tuhan menciptakan manusia akan bisa dilaksanakan dengan baik oleh manusia di muka bumi ini.

Mari jaga diri dan semua lapisan manusiawi kita agar bisa bebas virus, kinerja optimal, dan melaksanakan tugas-tugas dari Tuhan dengan sebaik-baiknya.

Dengan selalu mengupgrade diri agar menjadi manusia muttaqiin dan meluaskan jaringan silaturahmi. Derajat tertinggi manusia di mata manusia dan Tuhan adalah muttaqiin (orang yang bertaqwa).  


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top