Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Brainware VS Soulware (Bag. 2)

Brainware VS Soulware (Bag. 2)

Program umroh Baitussalamumroh Januari dan promo umroh Februari 2015 >> Ihram di Birr Ali, Shalat di Masjid Nabawi, Ziarah Makam Nabi, Citi Tour Kota Madinah, Thawaf dan Sa'i di Masjidil Haram Makkah, Minum Air Zam-zam, City Tour Makkah dan Jeddah. Dan Program Ibadah Lainnya.


Artikel sebelumnya: Brainware VS Soulware (Bag. 1).

Dalam interaksi antara manusia dan komputer, ada tiga istilah perangkat (ware) yang termasuk dalam interaksi tersebut. Ditambah satu yang paling baru. Jadi total ada empat ware.


2. b. Perangkat lunak (software) Jenis Program Aplikasi

Setelah semua perangkat keras (hardware) sudah bisa dioperasikan menggunakan sistem operasi yang sudah diinstal, maka fungsi-fungsi dasar perangkat komputer itu bisa dilakukan. Misalnya monitor bisa menampilkan apa yang diketik di keyboard, mouse bisa digerakkan dan diklik, modem sudah bisa bekerja, printer bisa mencetak, dan sebagainya.

Tapi untuk pekerjaan yang lebih spesifik seperti pengolahan dan pelaporan data statisik, pemprosesan kata, perhitungan spreadsheet, percetakan dan penerbitan, pencatatan dan pelaporan akuntansi, pencatatan dan pelaporan aktifitas manajemen proyek, pembangunan gedung, pembuatan mobil, dan sebagainya, maka diperlukan suatu perangkat lunak khusus yang disebut program aplikasi.


Program aplikasi adalah kumpulan kode komputer yang disusun dan dipaketkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna tertentu. Misal program aplikasi MS Word untuk pengguna word processing, MS Excel untuk pengguna spreadsheet, Photoshop untuk pengguna desain grafis, dan lainnya.


Walaupun mungkin sistem operasi dua buah komputer sama-sama Windows 8, tapi program aplikasi inilah yang membedakan kedua komputer itu. Mungkin komputer pertama diisi program aplikasi bisnis sedangkan komputer yang kedua disii program aplikasi permainan (game) seperti Winning Eleven.



Software
Contoh perangkat lunak (software) jenis program aplikasi.


Menuju Kabah, Rumah Pertama Ibadah Yang Didirikan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Umroh 2015 dalam paket umroh 2015.



Software dan hardware
Perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat lunak dibagi menjadi sistem operasi dan program aplikasi.


3. Perangkat Otak Manusia (Brainware)

Setelah perangkat keras (hardware) diisi perangkat lunak (software) yang berjenis sistem operasi, maka komputer tersebut baru bisa digunakan oleh pengguna komputer.

Pengguna komputer ini disebut userware (lebih sering disebut user saja). User ini adalah perangkat otak manusia (brainware). Atau diringkas perangkat manusia.


Perangkat otak manusia adalah komponen manusia yang menggunakankomputer di interaksi antara komputer dan manusia. Brainware bisa saja seorang operator komputer, sistem analis, graphic designer, CAD engineer, programmer, project manager, dan sebagainya.


Karena walaupun komputer sudah diisi sistem operasi, tapi kalau tidak ada manusia yang memakai, maka komputer tersebut tidak terpakai. Sehingga tidak ada gunanya.

Keoptimalan penggunaan komputer sendiri tergantung pada kemampuan dan pengetahuan user /brainwarenya yang menggunakan komputer itu. Jika brainwarenya terbatas kemampuannya, maka penggunaan dan pemanfaatan komputer juga terbatas.

Jika ada dua orang pengguna komputer yang pertama sudah biasa menggunakan komputer sedangkan yang lainnya masih baru pertama kali berinteraksi dengan komputer, maka tingkatan brainware pengguna yang pertama bisa dikatakan lebih tinggi dari yang kedua.

Jika brainwarenya (si orang yang memakai komputer) agak lemot, maka walaupun komputer tersebut super canggih dan berisi program-program aplikasi yang mutakhir, maka penggunaan komputer itu tetap tidak akan optimal. Karena si brainwarenya kurang memahami tentang komputer dan program aplikasinya itu.

Kursus komputer
Kursus komputer adalah salah satu cara meningkatkan kualitas brainware dalam interaksi manusia dan komputer. Brainware bisa pengguna biasa (computer operator), sistem analis, programmer, project manager, computer tester, dan siapa saja yang menggunakan komputer.


Promo umroh Februari 2015. Lengkapi Kesempurnaan Ibadah dengan Berkunjung ke Tanah Suci. 



4. Perangkat Jaringan Komputer (Networkware)

Sebuah komputer yang berdiri sendiri (atau disebut dengan komputer stand alone), sehingga tidak berinteraksi dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan komputer untuk keperluan tukar-menukar data dan informasi, akan memiliki nilai yang sedikit.


Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung untuk dapat bertukar data dan informasi.


Nilai sedikitnya itu karena dia tidak bisa membagi hasil pemprosesannya dan tidak bisa membaca hasil pemprosesan komputer lain. Tidak ada proses data exchange.

Padahal dengan tersambungnya sebuah komputer ke dalam jaringan baik lokal dan global, maka komputer tersebut bisa mengakses sumber daya data dan informasi yang sangat kaya dan beragam untuk diambil sesuai keperluan pemprosesannya.

Misalnya seseorang punya sebuah komputer tapi tidak tersambung ke jaringan komputer yang tersambung ke Internet. Maka dia tidak bisa mengakses sumber-sumber informasi yang bernilai dan beragam dari server-server yang ada di jaringan komputer dan Internet itu.

Bisa dibayangkan pengguna/user/brainware/si orang yang memakai komputer tersebut harus menyediakan semua program-program aplikasi yang harus diinstal secara manual via CD/DVD/flash disk atau perangkat input lainnya. Dan tentunya dia tidak bisa mengikuti perkembangan situasi dan informasi terkait bidang kerja dan aktifitas si pengguna/user/brainware tersebut.

Jenis jaringan komputer
Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan area jaringan tersebut. 


Ringkasan Elemen Interaksi Listrik, Komputer, Manusia, dan Jaringan

Itulah elemen-elemen interaksi sistem komputer, manusia, dan jaringan. Sebagai ringkasan, berikut ini komponen/elemen interkasi komputer, manusia, dan jaringan:

1. Perangkat keras (hardware), termasuk power supply/listrik.
2. Perangkat lunak (software). Terbagi dua macam:
- Sistem operasi
- Program aplikasi
3. Perangkat manusia (brainware)


Three wares
Ilustrasi perangkat keras, perangkat lunak (sistem dan aplikasi), dan perangkat manusia.

4. Perangkat jaringan (networkware/netware/network appliance/network device)


Tahukah kita bahwa interaksi sistem komputer ini mengikuti/mencontoh interaksi sistem manusia dengan manusia lainnya (jaringan manusia atau hablummninannaasi) dan Tuhan (hablumminallah?

Tapi mengapa manusia modern sekarang kebanyakan tidak memahami ini sehingga meninggalkan esensi jaringan antar manusia dan dengan Tuhan ini?

Manusia modern saat ini hampir-hampir seperti komputer stand alone. Hanya memiliki ruh (listrik), sistem operasi yang sudah banyak digerogoti virus, program aplikasi yang tidak diupdate malah semakin downgrade, hubungan sesama yang semakin berkurang, bahkan tidak membuka hubungan dengan Sang Pencipta, a.k.a ingin menjadi robot yang mandiri?

Semoga bermanfaat.

Bersambung di Brainware vs Soulware (Bag. 3, selesai).

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top