Biaya umroh murah 2019 di Jakarta dan informasi akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Bolehkah Memakai Inhaler Ketika Berpuasa?

Biaya Paket Umroh Murah Desember 2018. Bolehkah Memakai Inhaler Ketika Berpuasa?


Pertanyaan seperti ini seringkali menjadi bahan yang banyak diperbincangkan ketika berpuasa. Apalagi di bulan Ramadhan. Dimana umat muslim sangat menjaga ibadah puasanya agar tetap sah dan bernilai pahala di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.


Untuk menjawab pertanyaan dan keragu-raguan umat muslim mengenai apakah boleh menggunakan inhaler saat berpuasa?

Harga Promo Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014. Jika Anda Asma, Jangan Lupa Bawa Inhaler Saat Umroh.


Hal-hal yang Membatalkan Puasa 

Ada perbedaan di kalangan ulama mengenai hukum menghisap inhaler ini. Namun, mari kita lihat lagi apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa? Adapun sesuatu yang bisa membatalkan puasa antara lain:

1. Memasukkan suatu benda atau zat dengan sengaja ke dalam lambung/perut, baik makan, minum dan segala sesuatu yang dimasukkan melalui lubang pada anggota badan dengan unsur kesengajaan. 

Lain halnya karena tidak sengaja atau karena faktor lupa, maka puasanya tetap sah. Promo Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014.

Dalil

        وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ......

“… makan dan minumlah sampai waktu fajar tiba dengan dapat membedakan antara benang putih dan hitam...” (QS. al-Baqarah, 2: 187)

Dalil mengenai makan dan minum yang tidak membatalkan puasa:

       مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ فَاَكَلَ وَاشَرِبَ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ فَاِنَّمَا اَطْعَمَهُ اللهُ وَسَقَاهُ 

“Siapa yang lupa keadaannya sedang berpuasa, kemudian ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan makanan dan minuman itu”. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1797 dan Muslim: 1952)


2. Muntah disengaja

3. Melakukan jima (hubungan seksual) antara suami istri

4. Melakukan pengobatan melalui dua jalan kemaluan

5. Keluar air mani. Kecuali yang disebabkan karena mimpi basah, maka puasanya tetap sah

6. Haid (keluar darah kotor pada wanita yang rutin setiap bulannya) dan Nifas (keluarnya darah pada kemaluan wanita dikarenakan proses persalinan/kelahiran bayinya)

7. Gila (Tidak Waras/Rusak Akal Sehatnya)

8. Murtad (keluar dari Agama Islam)


Puasa Ramadhan, I'tikaf, dan Umroh. Disambung Promo Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014.



Cara Kerja Inhaler dalam Tubuh 

Coba kita lihat lagi cara kerja inhaler ini. Inhaler merupakan obat pernapasan yang bekerja untuk merangsang reseptor agar menghasilkan relaksasi pada otot.

Efek relaksasi ini sebetulnya yang membantu agar saluran udara terbuka. Sehingga afeknya adalah penderitanya dapat kembali bernapas normal.

Dengan penjelasan ini, terlihat bahwa inhaler bekerja untuk saluran pernapasan, bukan proses memasukkan bahan makanan dan minuman untuk diproses ke dalam perut.


Hukum dari Penggunaan Inhaler saat Puasa dalam Islam 

Maka, banyak ulama yang berpendapat bahwa, penggunaan Inhaler saat melaksanakan ibadah puasa, hukumnya adalah boleh (mubah).  Dan hukum mubah ini berlaku bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa, baik di bulan Ramadhan atau di bulan lainnya.

Karena inhaler merupakan alat pengobatan untuk pernapasan, yang cara kerjanya tidak sampai ke lambung. Juga memiliki fungsi dan kegunaan hanya untuk bernafas seperti biasa.

Sehingga hal-hal atau kejadian seperti ini bukanlah tergolong ke dalam perilaku makan dan minum yang cara kerjanya diolah hingga masuk ke saluran pencernaan atau lambung. Promo Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014 Daftar Hari Ini Untuk Berangkat Desember 2014.

Inhaler yang diperbolehkan disini, termasuk juga untuk inhaler bagi penderita asma. Jadi, bagi Anda yang sedang sakit asma, flu, atau gangguan pernapasan lainnya, jangan ragu untuk menggunakan alat pengobatan bantuan pernafasan tersebut. Karena sangat aman untuk Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Dan puasa Anda tetap sah.


batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:
Back To Top