Travel umroh murah di Jakarta dan informasi biaya paket umroh murah, akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Laporan Eksklusif Kasus-kasus Umroh Sepanjang 2014 (3)


Laporan Eksklusif Kasus-kasus Umroh Sepanjang 2014 (3)
Seorang peneliti laboratorium medis sedang meneliti sebuah vaksin.

Artikel sebelumnya: http://www.baitussalam-umroh.com/2015/02/laporan-ekslusif-kasus-kasus-umroh-2014-1-2.html


Kasus Umroh #3 : Kasus Penyebaran Penyakit Menular


Kasus mewabahnya virus ebola dan MERS ternyata cukup membuat khawatir para calon jamaah umroh dan haji Indonesia. Selain wabah penyakit, kondisi sebagian jamaah yang kurang fit akibat kelelahan menunggu di bandara dan beribadah di Tanah Suci menyebabkan mereka rentan terserang penyakit.


Antisipasi Penyebaran Penyakit Menular

Kasus beberapa jamaah umroh dan haji yang meninggal dunia baik di Tanah Suci maupun ketika kembali ke Tanah Air cukup membuat khawatir para calon jamaah yang akan berangkat. 

Mereka diduga membawa virus MERS dan ebola dari Arab Saudi, padahal akhirnya terbukti mereka tidak terjangkiti virus MERS atau ebola, tapi karena kondisi mereka yang drop akibat kelelahan dan ketika sakit di Tanah Suci kurang tertangani dengan baik. Virus ini menyerang orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh sangat rendah seperti terjadi pada anak-anak, orang lanjut usia, orang dewasa yang sedang kelelahan dan makan kurang teratur.


Sebab

  1. Kurangnya informasi dan fasilitas kesehatan yang memadai disinyalir sebagai pemicu terjadinya jamaah yang jatuh sakit dan meninggal dunia baik ketika masih di Tanah Suci maupun ketika tiba di Tanah Air. Selain itu kurangnya kesadaran para jamaah untuk menjaga kesehatan, makan teratur dan tidak memforsir diri.
  1. Selain itu, kurang adanya kerja sama yang baik antara pihak penyelenggara ibadah umroh dan haji dengan departemen kesehatan yang seharusnya dapat memberikan peringatan dini kesehatan jamaah yang akan berangkat ibadah umroh dan haji.


Solusi

  1. Pihak biro travel umroh dan haji, hendaknya dapat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk memeriksa kesehatan para calon jamaah, terutama yang sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes dan lain-lain. 
  1. Bila perlu tidak hanya vaksin meningitis saja yang disyaratkan namun tes kesehatan lainnya yang dapat membuktikan bahwa calon jamaah memang dalam kondisi sehat ketika akan berangkat. 

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang staf sebuah agen perjalanan umroh, “Selain kewajiban untuk vaksin meningitis sebagai syarat visa, kami sarankan calon jamaah untuk cek kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat.

  1. Hal ini mensyaratkan apabila ada jamaah yang kurang sehat dapat dilakukan penundaan keberangkatan.
  1. Selain itu juga dibentuk sebuah Komite yang fokus pada permasalahan kesehatan para jamaah. The Haji Departement Central di lingkungan Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan panitia persiapan untuk pengaturan tersebut. Pejabat itu menjelaskan bahwa fungsi komite akan dibagi menjadi tiga bagian untuk pengaturan perencanaan, persiapan dan pengawasan masalah kesehatan yang terkait umroh dan haji.
  1. Selain berkoordinasi dengan panitia, Komite juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan langka-langkah pencegahan terhadap penyakit menular. Selain itu juga menyediakan tenaga medis yang memadai agar dapat memberikan pelayanan kesehatan, menyediakan fasilitas medis di rumah sakit dan klinik bagi para jamaah umroh dan haji serta apotik.
  1. Selain itu Arab Saudi juga mewajibkan negara-negara tertentu untuk memberikan vaksin kepada warganya sebelum menginjakkan kaki di Arab Saudi. Vaksin terhadap demam kuning dan kolera disarankan untuk Negara-negara endemik seperti Angola , Benin , Sudan , Senegal , Burkina Faso , Republik Afrika Tengah dan banyak negara Afrika dan Amerika Selatan lainnya.

Vaksin polio juga wajib bagi jamaah yang datang dari negara-negara Afrika , serta juga untuk jamaah dari negara Pakistan, India, Nepal, dan Afghanistan.

Vaksinasi polio oral wajib bagi para jamaah dari negara-negara seperti Uganda , Kenya , Benin , Angola , Togo , Niger , Burkina Faso , Mali , Republik Afrika Tengah , Chad , Pantai Gading , Ghana , Republik Demokratik Kongo dan Ethiopia.

Vaksin flu memang tidak diwajibkan , namun tetap diperlukan mengingat kondisi cuaca selalu berubah dan daya tahan tubuh para jamaah yang bisa jadi sangat rentan. Pasien berisiko tinggi yang memiliki penyakit kronis , seperti diabetes , hipertensi dan penyakit ginjal, disarankan mengambil vaksin flu untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah umroh dan haji.


Tip Sehat Saat Ibadah Umroh dan Haji


Berikut ini infografis tips sehat bagi para jamaah umroh maupun haji saat di Tanah Suci.


Tip sehat saat ibadah umroh dan haji


Rekomendasi Medis untuk Jamaah Umroh dan Haji


Sebelum Berangkat dan Selama Umroh atau Haji

  • Jaga kesehatan, makan makanan bergizi, dan olahraga secara teratur.
  • Selalu jaga kebersihan tangan dari kotoran dan zat kimia.
  • Tutupi mulut dan hidung dengan masker ketika batuk atau bersin terus-menerus.
  • Jaga jarak minimal satu meter dari orang-orang yang memiliki gejala penyakit pernafasan akut.
  • Hindari memakan makanan setengah matang atau yang dimasak di tempat tidak bersih, banyak lalat, tikus, dan lain-lain.
  • Cuci kembali buah-buahan dan sayur-sayuran yang baru dibeli sebelum diolah atau dimakan.
  • Tetap jaga kebersihan diri setiap saat. 
  • Jamaah yang memiliki penyakit pernafasan akut diiringi demam, batuk, dan flu sangat disarankan untuk menunda keberangkatan.
  • Jamaah yang memiliki riwayat kondisi penyakit sebelumnya (seperti diabetes, penyakit paru-paru kronis, masalah imun/kekebalan tubuh) sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada seorang dokter terkait penyakitnya tersebut sebelum melakukan perjalanan umroh atau haji. Hal ini sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi tingkat kekebalan tubuh dan kelemahan yang berpotensi jamaah tersebut terjangkiti MERS.


Saat Sedang Berumroh atau Haji

Jamaah yang sedang terjangkit penyakit pernafasan akut dengan demam, flu, dan batuk saat umroh dan haji harus:

  • Lapor kepada staf medis yang mendampingi grup jamaah atau ke layanan kesehatan terdekat di Saudi Arabia.
  • Tutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, membersihkan tangan dengan sabun setelahnya. Jika tidak memungkinkan, batuk dan bersinlah di bagian atas lengan pakaian.
  • Hindari ke tempat-tempat keramaian dan sebisa mungkin berada di tempat khusus bagi penderita penyakit pernafasan hingga gejala terkait penyakit pernafasan tersebut berhenti.
  • Jika tempat khusus tersebut tidak berada di dekat jamaah atau tidak memungkinkan, gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung atau gunakan masker pernafasan saat di tempat-tempat ramai.
  • Hindari berdekatan dengan unta, mengunjungi peternakan unta, dan mengkonsumsi susu unta yang belum distrerilisasi, air seni, atau daging unta yang tidak dimasak dengan baik.


Setelah Berumroh atau Haji

Jamaah yang sedang terjangkit penyakit pernafasan akut dengan demam, flu, dan batuk saat umroh dan haji setelah kembali ke tanah air harus:

  • Memeriksa kembali kondisi kesehatannya terutama terkait dengan penyakit pernafasan yang sedang dideritanya, melapor kepada otoritas kesehatan terkait yang direkomendasikan agen perjalanan umroh dan haji jamaah tersebut.
  • Lakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas sebelumnya ketika batuk atau bersin.
  • Menjaga jarak kontak dengan orang-orang sekitar supaya tidak menularkan kepada mereka penyakit pernafasan yang sedang diderita.
  • Bekerjasama dan menjalankan semua saran dan rekomendasi otoritas kesehatan yang diberikan kepada jamaah penderita penyakit pernafasan yang baru tiba di tanah air.

Trina Trinawangsih & Ida Sri Harsanti

(Bersambung)

batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email

Paket Umroh Murah Yang Masuk Akal  untuk Ibadah Yang Mabrur

Travel Umroh Murah Jakarta Bts


Ibadah umroh memiliki arti berkunjung atau berziarah, dalam hal ini adalah berkunjung ke Baitullah atau Mekkah. Tidak hanya sekedar melakukan kunjungan ziarah biasa namun juga melakukan serangkaian aktifitas ibadah seperti thwaf, sa’i dan diakhiri dengan bertahallul.

Karena memiliki arti mengunjungi, maka ada persiapan yang harus dilakukan, diantaranya kendaraan dan perbekalan. Karena itu ibadah umroh diwajibkan bagi mereka yang mampu baik secara finansial, fisik dan mental. Bahkan bagi mereka dengan dana yang tidak terlalu banyak tetap ingin menunaikan ibadah tersebut karena keutamaan yang ada di dalamnya.

Beberapa keutamaan melakukan ibadah umroh antara lain, bagi para wanita pahalanya seperti melakukan jihad sebagaimana yang disebutkan dalam hadist di bawah ini:

Aisya RA bertanya yang artinya :"Wahai Rasulllah, apakah benar seorang perempuan juga wajib melaksanakan Jihad?" beliau SAW menjawab, "ia dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan Ibadah Haji dan Umrah" (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani) 

Bahkan umroh dapat pula sebagai penggugur dosa sebagaimana yang diberitakan dalam hadist berikut ini:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Bahwa Rasulallah SAW bersabda :“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Yang lebih dahsyat adalah umroh sebagai penghilang kefakiran seperti disabdakan Rasulullah SAW dalam hadist dibawah ini:

Dari Abdullah, Rasulullah SAW bersabda : “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).

Travel Umroh Murah Jakarta Banyak Dicari

Travel Umroh 1


Karena keutamaan-keutamaan tersebut maka travel umroh murah Jakarta dan lainnya di kota-kota besar Indonesia kini banyak dicari. Meskipun demilkian para calon jamaah hendaknya tetap waspada dan mencari info selengkapnya tentang biaya umroh murah agar tetap masuk akal dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Biaya minimal yang harus dipersiapkan oleh para caon jamaah, hendaknya minimal 1700 USD atau sekitar 20 jutaan dengan kurs rupiah sebesar Rp 13.000,- per dollarnya. Kewaspadaan ini juga untuk menghindari kasus gagal berangkat atau penipuan.

Biaya tersebut telah mencakup biaya tiket pesawat dan akomodasi selama di hotel minimal sekelas bintang 3. Selain itu Anda juga memerlukan pembimbing selama melakukan ibadah umroh baik di saat tiba di kota Madinah maupun Mekkah. Tidak hanya itu, biaya bagasi maksimal 20 kg perjamaah juga termasuk dalam biaya umroh yang Anda bayarkan sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang kecuali bila bagasi Anda melebih 20 kg.

Travel umroh akan memberikan kepada Anda paket umroh murah namun tetap masuk akal. Sebab murah bukan berarti murahan dan hemat bukan berarti Anda harus memangkas biaya yang seharusnya Anda keluarkan namun dengan resiko yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini karena Anda akan bepergian ke luar negeri dan tinggal di negeri lain selama beberapa hari (minimal paket umroh dengan durasi 9 hari).

Paket Umroh Murah Fasilitas Bukan Murahan



Di kebanyakan travel umroh murah pada umumnya, dengan memilih paket umroh murah dengan biaya mulai Rp. 17 jutaan Anda sudah mendapatkan paket umroh murah dengan akomodasi hotel bintang 3 dan armada penerbangan baik dengan transit maupun penerbangan langsung.

Umroh Murah Juga Harus Sesuai 5 Pasti Umrah


Armada penerbangan yang kerap digunakan oleh travel umroh murah adalah Qatar, Emirates, Turkish dan Saudi. Sementara untuk armada lokal dilayani oleh Garuda.

Ketahui juga Pedoman 5 PASTI yang digariskan oleh Kementerian Agama RI untuk memastikan paket umroh murah Anda memang telah sesuai ketentuan, yakni:

  1. Pasti Travelnya dengan memeriksa biro travel tersebut apakah terdaftar di Kemenag RI
  2. Pasti Armada dan jadwal keberangkatan
  3. Pasti Harga dan paket layanannya apakah sesuai dengan yang Anda bayarkan
  4. Pasti Hotel tempat Anda menginap apakah sesuai dengan program yang dijanjikan, dan 
  5. Pasti visa yang Anda dapatkan sebelum berangkat menunaikan ibadah umroh. 
Jadi jangan segan untuk memastikan hal-hal tersebut di atas, karena meskipun Anda memperoleh paket umroh murah, Anda berhak mendapatkan pelayanan dan bimbingan sehingga perjalanan ibadah umroh Anda dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Aamiin.
Back To Top