Travel umroh murah di Jakarta dan informasi biaya paket umroh murah, akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, tata cara umroh, dan yang terkait.
Dena Tour

Hemat, Aman, Terpercaya

(021) 3335 1519/0878 8498 3500

Rukun Umroh (Bag. 1: Niat Ihram dan Thawaf Ka'bah)

      Umroh Maret 2015      Umroh April 2015

Rukun Umroh


Makna "Umroh"


Makna umroh secara bahasa artinya berziarah atau mengunjungi. Adapun secara syar`i adalah berziarah ke Baitullah (Mekkah) dengan melaksanakan thawaf mengelilingi Ka`bah, melakukan sa`i di antara Shafa dan Marwah, dan terakhir mencukur rambut kepala (tahallul). Thawaf, sa'i, dan tahallul disebut dengan rukun umroh.

Sebagai sebuah perjalanan ibadah yang berbeda dengan ibadah haji yang harus di laksanakan di bulan tertentu (Dzulhijjah), kita boleh melakukan ibadah umroh kapan saja. Namun yang lebih baik adalah ketika belum terlalu banyak jamaah atau orang yang datang ke Tanah Suci sehingga kita akan relatif lebih khusyuk dan tidak berdesak-desakan.

Subhanallah!



Rukun Umroh


1. Niat Ihram

Niat Ihram adalah niat untuk mulai melakukan umroh atau haji. Jika tidak diniatkan maka umroh atau hajinya maka tidak sah.

Dari Saidina Umar bin Khattab, beliau berkata: Saya dengar Rasulullah SAW berkata: bahwasanya seluruh niat dengan niat, dan yang didapatkan manusia ialah apa yang diniatkannya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari Juz 1 hal. 6).


Hendaknya ia mengucapkan:

لبيك عمرة = Labbaik Umrotan (Ku sambut panggilan-Mu untuk melakukan Umrah)
atau: 
اللهم لبيك عمرة = Allahumma Labbaik Umrotan (Ya Allah, ku sambut panggilan-Mu untuk melakukan Umrah)

Niat umroh (biasa disebut juga ambil miqot) diambil saat di Birr Ali, yakni suatu tempat antara Makkah dan Madinah, yakni di pinggir jalan raya Makkah - Madinah di daerah Dzulhulaifah berjarak sekitar 9 kilometer dari Masjid Nabawi.


Masjid Birr Ali, tempat mengambil miiqot (niat umroh dan haji) di Dzulhulaifah.

Masjid Birr Ali, tempat mengambil miiqot (niat umroh dan haji) di Dzulhulaifah.


Masjid Birr Ali, tempat mengambil miiqot (niat umroh dan haji) di Dzulhulaifah.

Pemandangan di sekitar Masjid Birr Ali.


Setelah diniatkan ihram (mengambil miqot di Birr Ali), maka mulai berlaku larangan-larangan ihram/umroh.


2. Thawaf  Ka'bah

Yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri.


Thawaf. Harga biaya paket umroh murah Desember 2014.

Thawaf di Masjidil Haram. Mengelilingi Ka'bah sebanyak 7x.
Berjalan dekat Hajar Aswad sambil menciumnya jika dapat.
Jika tidak bisa, cukup menyapu atau dengan memberi isyarat dengan tangan.
Bisa dilatih saat Manasik Umroh.


Adapun tata cara dari thawaf itu sendiri:

1. Memulai thawaf dengan berjalan dekat Hajar Aswad, sambil mencium, menyapu atau memberi isyarat bagaimana dapatnya. 

Lalu mengucapkan:

 بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَر اللَّهُمَّ إِيمَانًا بِكَ وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِكَ ووفاء بعهدك وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  
Artinya: "Dengan nama Allah, Allah yang Maha Besar, Ya Allah, demi keimanan kepda-Mu, dan membenarkan Kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad."

Hajar Aswad, Ka'bah, Masjidil Haram.

Hajar Aswad, Ka'bah, Masjidil Haram.


Hajar Aswad adalah batuan dari surga.

Hajar Aswad adalah batuan dari surga. Tidak ada lagi batuan apapun yang berasal dari surga selain Hajar Aswad. 


2. Disunnatkan berjalan cepat pada tiga putaran pertama 

Langkah hendaklah diperpendek dan dipercepat, dan sedapat mungkin mendekati Ka'bah. Kemudian empat kali putaran berikutnya hendaklah ia berjalan seperti biasa.

Bagi yang tidak dapat berjalan cepat atau mendekati ka'bah, bolehlah thawwaf sedapatnya, dan disunatkan menyapu rukun Yamani dan mencium Hajar Aswad atau mengusapnya pada setiap kali dari 7 putaran itu.


Thawaf di Masjidil Haram. Harga biaya paket umroh murah Desember 2014.

Thawaf di Masjidil Haram. Disunnahkan berjalan cepat pada 3 putaran pertama.



3. Memperbanyak do'a dan dzikir

a. Saat menghadap Hajar Aswad membaca:

بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَر اللَّهُمَّ إِيمَانًا بِكَ وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِكَ ووفاء بعهدك وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Dengan nama Allah, Allah yang maha besar, Ya Allah, demi keimanan kepda-Mu, dan membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad saw."

b. Jika telah mulai thawwaf, diucapkan: 



سُبْحَان اللهِ وَ الْحَمْدُ لِلّهِ وَ لآ اِلهَ اِلّا اللّهُ، وَ اللّهُ اَكْبَرُ وَلا حَوْلَ وَلاَ قُوَّة ِ الَّا بِاللّهِ

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar dan tiada daya maupun tegaga kecuali dengan Allah."

c. Ketika berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, disunnahkan membaca: 


رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: ”Ya Rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka"

d. Jika telah selesai 7 putaran, shalatlah dua rakat'at dekat maqam Ibrahim (di salah satu sisi Ka'bah), sambil membaca:

وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى

Artinya: ”Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat"

Kedua Rukun Umroh yaitu Niat Ihram dan Thawaf ini bisa dilatih di rumah sebelum keberangkatan umroh dan disempurnakan saat manasik umroh di tempat yang ditunjuk Dena Tour.


Thawaf


Aku memenuhi panggilan-Mu Ya Allah."

Rukun-rukun umroh berikutnya berlanjut di artikel "Rukun Umroh (Bag. 2: Sa'i, Tahallul, dan Tertib)".



batas bawah artikel
Kode kalau Bpk/Ibu akan membuat link ke artikel ini
Bagi-bagiin ke anggota
Cetak/email
Kategori:

Paket Umroh Murah Yang Masuk Akal  untuk Ibadah Yang Mabrur

Travel Umroh Murah Jakarta Bts


Ibadah umroh memiliki arti berkunjung atau berziarah, dalam hal ini adalah berkunjung ke Baitullah atau Mekkah. Tidak hanya sekedar melakukan kunjungan ziarah biasa namun juga melakukan serangkaian aktifitas ibadah seperti thwaf, sa’i dan diakhiri dengan bertahallul.

Karena memiliki arti mengunjungi, maka ada persiapan yang harus dilakukan, diantaranya kendaraan dan perbekalan. Karena itu ibadah umroh diwajibkan bagi mereka yang mampu baik secara finansial, fisik dan mental. Bahkan bagi mereka dengan dana yang tidak terlalu banyak tetap ingin menunaikan ibadah tersebut karena keutamaan yang ada di dalamnya.

Beberapa keutamaan melakukan ibadah umroh antara lain, bagi para wanita pahalanya seperti melakukan jihad sebagaimana yang disebutkan dalam hadist di bawah ini:

Aisya RA bertanya yang artinya :"Wahai Rasulllah, apakah benar seorang perempuan juga wajib melaksanakan Jihad?" beliau SAW menjawab, "ia dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan Ibadah Haji dan Umrah" (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani) 

Bahkan umroh dapat pula sebagai penggugur dosa sebagaimana yang diberitakan dalam hadist berikut ini:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Bahwa Rasulallah SAW bersabda :“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Yang lebih dahsyat adalah umroh sebagai penghilang kefakiran seperti disabdakan Rasulullah SAW dalam hadist dibawah ini:

Dari Abdullah, Rasulullah SAW bersabda : “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).

Travel Umroh Murah Jakarta Banyak Dicari

Travel Umroh 1


Karena keutamaan-keutamaan tersebut maka travel umroh murah Jakarta dan lainnya di kota-kota besar Indonesia kini banyak dicari. Meskipun demilkian para calon jamaah hendaknya tetap waspada dan mencari info selengkapnya tentang biaya umroh murah agar tetap masuk akal dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Biaya minimal yang harus dipersiapkan oleh para caon jamaah, hendaknya minimal 1700 USD atau sekitar 20 jutaan dengan kurs rupiah sebesar Rp 13.000,- per dollarnya. Kewaspadaan ini juga untuk menghindari kasus gagal berangkat atau penipuan.

Biaya tersebut telah mencakup biaya tiket pesawat dan akomodasi selama di hotel minimal sekelas bintang 3. Selain itu Anda juga memerlukan pembimbing selama melakukan ibadah umroh baik di saat tiba di kota Madinah maupun Mekkah. Tidak hanya itu, biaya bagasi maksimal 20 kg perjamaah juga termasuk dalam biaya umroh yang Anda bayarkan sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang kecuali bila bagasi Anda melebih 20 kg.

Travel umroh akan memberikan kepada Anda paket umroh murah namun tetap masuk akal. Sebab murah bukan berarti murahan dan hemat bukan berarti Anda harus memangkas biaya yang seharusnya Anda keluarkan namun dengan resiko yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini karena Anda akan bepergian ke luar negeri dan tinggal di negeri lain selama beberapa hari (minimal paket umroh dengan durasi 9 hari).

Paket Umroh Murah Fasilitas Bukan Murahan



Di kebanyakan travel umroh murah pada umumnya, dengan memilih paket umroh murah dengan biaya mulai Rp. 17 jutaan Anda sudah mendapatkan paket umroh murah dengan akomodasi hotel bintang 3 dan armada penerbangan baik dengan transit maupun penerbangan langsung.

Umroh Murah Juga Harus Sesuai 5 Pasti Umrah


Armada penerbangan yang kerap digunakan oleh travel umroh murah adalah Qatar, Emirates, Turkish dan Saudi. Sementara untuk armada lokal dilayani oleh Garuda.

Ketahui juga Pedoman 5 PASTI yang digariskan oleh Kementerian Agama RI untuk memastikan paket umroh murah Anda memang telah sesuai ketentuan, yakni:

  1. Pasti Travelnya dengan memeriksa biro travel tersebut apakah terdaftar di Kemenag RI
  2. Pasti Armada dan jadwal keberangkatan
  3. Pasti Harga dan paket layanannya apakah sesuai dengan yang Anda bayarkan
  4. Pasti Hotel tempat Anda menginap apakah sesuai dengan program yang dijanjikan, dan 
  5. Pasti visa yang Anda dapatkan sebelum berangkat menunaikan ibadah umroh. 
Jadi jangan segan untuk memastikan hal-hal tersebut di atas, karena meskipun Anda memperoleh paket umroh murah, Anda berhak mendapatkan pelayanan dan bimbingan sehingga perjalanan ibadah umroh Anda dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Aamiin.
Back To Top